Halo BI ers
Saya mau berbagi cerita saya dan anak saya mengenai kota Jinan di China #BICina #BIJinan
Jinan merupakan sebuah kota kecil yg berada di sebelah selatan kota Tianjin yang memerlukan waktu sekitar 4 jam an menggunakan kereta api biasa atau kurang lebih 1 jam menggunakan kereta cepat.
Saat itu saya menggunakan kereta api biasa dari tianjin dan sampai ke stasiun kereta sekitar jam 12 siang dan beruntungnya ketika baru sampai host saya tiba-tiba nonggol menjemput pakai taksi, dari stasiun kereta menuju kota/rumah host saya menempuh waktu 30 menitan yg kebetulan rumah host saya tepat di pemberhentian terakhir halte bus. Sampai ke apartemen hari pertama saya bercakap-cakap dengan host saya mandi dan membuat itinerary dan di malam hari ketika dia akan pergi kerja sebagai guru bahasa inggris di sebuah SD, teman saya mengajak sy makan di restaurant muslim dengan menu mie dengan harga 7-12 yuan perporsi.
Rasa makananya enak, penuh rasa rempah, kuahnya gurih, mie nya lembut di tambah daun sawi dan toping ayam yg di suir melengkapi makan malam saya yg dingin.
Kesokan hari saya di beritahu untuk pergi ke bukit Qianfonsan dan di beritahu rute bus nya, karena takut salah turun akhirnya saya pergunakan maps pada Ipad dan menuntun saya untuk sampai tujuan. Hurup2 dan rute sebagian besar menggunakan hurup kanji jd menggunakan maps sangat membantu.
Ongkos bus jauh dekat 1 yuan dengan fasilitas bus yg cukup baik menurut saya. Dari gerbang Qianfosan kita di suguhkan patung patung dan kuil di sekitaran bukit di salah satu sudut saya menemukan sleeping budha seperti di Thailand tp tidak berwarna emas, setelah itu kita bisa menapaki tangga yg jumlahnya ribuan untuk mencapai puncak, tangga batunya cukup curam dengan pemandangan yg luar biasa dan di setiap step ada kuil untuk istirahat dan berfoto. Napas saya ngosngosan mencoba menuju puncak bukit tapi semua itu sirna ketika saya sampai puncak pemandangan nya luar biasa, terlihat dengan jelas pemandangan kota jinan yg di kelilingi oleh bukit bukit dan beberapa gedung yg menjulang tinggi, sempurna!!!
Selesai dari sana sudah agak sore saya mencoba menyasarkan diri dengan berjalan kaki memasuki tempat tempat umum dan pemerintahan hanya mengandalkan maps di gadget dan sampai saya ke sasar di sebuah danau yg indah bernama daming lake.
Dalam danau tersebut di tengah tengah ada kuil dan di kelilingi kuil dan pohon pohon yg dimana danau ini sangat photogenic karena dimanapun anda mengambil foto hasilnya pasti bagus, di jamin dan tidak ada tiket masuk alias free.
Menuju pulang ke apartemen saya mengikuti jalan yg tadi lg dan melihat banyak muda mudi lokal yg nongkrong dan tampa sengaja sata menemukan toko serba 5-10 RMB hoho saya kalap dan memborong banyak boneka, farpume, belt, dll disini. Harga yg sangat murah dengan kualitas yg sangat bagus.
Tips and trik :
1. Siapkan sepatu yg kuat dan kokoh walaupun hampir jauh dekat menggunakan bus seharga 1 rmb tp saya sarankan jalan kaki dan membaur dengan masyarakat, belum lg naik bukit.
2. Pergunakan google maps sebagai panduan arah, karena di tianjin sebagian besar menggunakan huruf kanji dan tidak mengerti bahasa inggris.
3. Siapkan air dan bekal selama hiking atau berjalan kaki.
4. Siap kan napas cadangan untuk belanja souvenir dan barang disini harganya bikin kalappppppp!!! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/