halo.

saya mau berbagi pengalaman orang tua bikin paspor yg udh ekspired . #bipaspor #bitanya.

Jadi ceritanya, tahun 2015, beli tiket untuk ortu keluar negri. Kedua ortu saya sebelumnya sudah punya paspor yg jaman 90an (yg masih tulis tangan semua datanya). dan itu paspor habis d tahun 2001. Terjadilah perdebatan dengan kakak saya yg ngotot itu masuknya perpanjang. akhirnya, daripada takutnya bermasalah saya telp ke kantor imigrasi untuk menanyakan, hal ini. karena gak di angkat, saya email. dapatlah jawaban resmi bahwa “belum pernah memiliki paspor biometrik yang dikeluarkan mulai tahun 2006 s.d sekarang maka dapat mengajukan permohonan paspor baru atau penggantian-habis berlaku”. jadi sama saja, bisa masuk perpanjang atau bikin baru.

Orang tua saya memutuskan untuk buat permohonan paspor baru dan bikin di Kantor Imigrasi Kemayoran karena yg di Kota biasanya rame. sampai disana malah dibilangin sama petugasnya “seharusnya ambil yang penggantian pak dan bapak harusnya gak usah bilang udh pnya paspor”. Bahkan mama saya (yang ada nama Chinese-nya) dimintai surat ganti namanya. pokoknya dibikin ribet. Saya waktu itu gak ikut, jadi saya cuma bilang untuk bawa bukti email dari kantor imigrasi buat nanti wawancara lagi. Keesokannya, orang tua saya balik lagi. Papa saya langsung menunjukkan bukti email kepada petugas saat wawancara. Petugasnya lalu bilang “bapak kekantor atas”. Papa saya sempet dipersulit ini itulah, walaupun sudah nunjukin email berita dari imigrasi ke atasannya juga. Mama saya, lancar jaya dan bahkan gak ditanya masalah pergantian namanya juga.

Akhirnya, paspornya jadi. Walaupun sempet balik 2x, dan ditolak. Buat temen temen yang mungkin orang tuanya ada yang pernah punya paspor trus ekspired dn dipersulit ini ada bukti emailnya (saya masukan disini). jadi seharusnya gak masalah kalau itu “paspor baru atau penggantian” semoga membantu 🙂

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/