Halo semuanyaa.. mau sharing nih pengalaman tercyduk beacukai di bandara. Setelah banyak kasus redline , dan gossip bandara soekarno hatta lagi super ketat di bagian custom, gw mengalami sendiri

Rabu, 13 sept kmrn gw dateng ke indonesia dengan 3 koper yang berisi barang bernilai lebih dRi $250, karna saat itu lagi antri banget di bandara dan gw gak bisa nunjukin invoice akhirnya barang gw di “sita” beacukai sampai hari ini *20 sept .

Prosedur pengambilan barang harus menyertakan syarat2 dibawah ini ,( foto terlampir)
Dan gw dateng kesana sejak jam 11.40 siang dan antri, setelah melengkapi berbagai prosedur , kita disuruh nunggu. Ohya jam 12.00-13.00 istirahat, jadi semuanya tutup. Mulai lagi jam 13.00 dikasih surat pengecekan barang, jadi kita harus ngecek barang kita yang disita seminggu lalu. Yang bikin gw kaget adalaaaaah.. gudangnya sangat sangat chaos, nyari barang gw aja butuh waktu hampir setengah jam. Di dalam gudang panas, yang gak diawasin dan semua orang bisa masuk lalu lalang tanpa ada pengawasan ( soalnya pas gw ngecek barang gw ber 5 dan cuma ada 1 petugas, kalo misalnya partner gw yang lain mau ngembat barang gampang banget kan?) dan bisa diliat di video ini kalo tas nya ada banyaaak bgt. Dan sang petugas bilang “ini belom seberapa karna ini cm seminggu, klo lebih dr seminggu gudangnya beda lagi” dia pun menambahkan dalam sehari ada 100-250 koper yang biasa disita ( belom termasuk yang bisa langsung menyertakan invoice dan bayar di tmpt, gak akan dikarantina begini)

Sekarang logika nya ini tas pasti semua berisi barang berharga kan? Pastinya lebih dari $250, tapi penjagaan nya sangat sangat tidak profesional.

So , kembali setelah barang kita di cek, kita balik ke loket awal dan dia akan ngitung biaya pajak yang harus kita bayar.
Setelah itu orangnya bakal kasih total pajak yang harus kita bayar ( tergantung invoice dan jumlah barang, jangan coba2 palsukan invoice jg ya karna kalau ketawan denda nya 100-1000% dari harga barang pasaran di internet!!) setelah itu kita harus transfer ke virtual account yang tersedia ( harus pake bank., buat yang pake BCA bank nya jauuh banget) setelah balik dr bank, kita tunjukin bukti dan balik lagi ke loket untuk dpt tanda terima pengambilan barang.

Setelah itu balik lagi ke gudang chaos tadi, tinggal kasih surat tersebut & barang bisa diambil.

Kedengeran nya kaya simple yaa, tapi nyata nya total gw jam 11 sampe jam 17 disana nonstop! Bolak balik, print ini itu, bolak balik ke gudang, antri, nunggu lama., dll.

sekarang ini pajak beacukai indonesia sedang sangat sangat ketat! Hari ini gw banyak ngobrol sama orang2 lain yang ketangkep jg dan mereka ngeluh banget kalo biasanya gak pernah begini.. ada yang cm bawa baju2 murah yang dia bilang dibawah $250 tetep kena harus bayar pajak & denda.

Saran gw semuanya harus sesuai dengan prosedur dan sertakan invoice biar kalopun kena bisa langsung bayar di tempat, barang gak perlu dikarantina dengan resiko tas rusak, nyari lama bahkan hilang ( amit2)

Jadi kalau emang bawa barang lebih dari $250 lebih baik di declare dari awal, siapkan invoice asli dan langsung bayar pajak di tempat, ingat bajar pajak juga untuk pembangunan bangsa kitaa .

Kalo bayar di airport cash only, kalau di kantor beacukai transfer only.

Semoga infonya bermanfaat yaa

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/