Halo,

Sharing trip ke Taiwan, khususnya ke Taroko Gorge.

1. Penginapan
Karena males bawa bawa ransel, pindah pindah hotel dan alasan efisiensi, kita mutusin untuk balik hari dari Taipei. Anyway kalo mau ngabisin 2 hari di Taroko, bisa nginep di Hualien atau Taroko.

Taroko relatif sepi dan seperti kota mati kalo diatas jam 7 malam, jadi lebih baik nginep di Hualien. Sekalian bisa jalan jalan ke Dongdamen nightmarket.

2. Transport
Untuk transport, ada 2 option yang bisa dipilih. Bisa naik TRA atau combined bus+TRA. Adalagi option ke 3, sewa mobil dari Taipei.

– TRA
Option ini cukup efisien kalau mau balik hari dari Taipei. Jadi naik naik TRA dari Taipei Main Station ke Xincheng (Taroko Station). Xincheng ini sebelum Hualien, jadi bisa hemat waktu sekitar 1 jam untuk jalan ke Taroko jika dibanding turun di Hualien station. Traveling time dari Taipei Main Station ke Xincheng sekitar 2.5-3 jam. Dari Xincheng bisa naik bus shuttle Taroko atau sewa taksi.

Info untuk TRA schedule bisa dilihat disini:
https://www.railway.gov.tw/en/index.aspx
atau:
http://163.29.3.92/twrail/EN_QuickSearch.aspx

Info untuk Taroko National Park, termasuk suggested itinerary untuk 1 atau 2 days trips bisa dilihat disini:
http://old.taroko.gov.tw/English/?mm=5&sm=2&page=1#up

Usahakan beli tiket balik langsung juga kalau mau balik hari, karena biasanya penuh.
Untuk referensi, kita berangkat dari Taipei pakai: Chu-Kuang Express – Train 74
Balik Taipei pakai: Tze-Chiang Limited Express – Train 181

– Combine bus + train
Option ini juga bisa diambil kalo mau trip balik hari dari Taipei. Efektifitasnya sama waktu tempuh kurang lebih sama. Jadi dari Taipei Main Station naik bus dulu ke Luodong Station, baru lanjut
naik train ke Xincheng. Kalau jalanan gak macet naik bus bisa jadi lebih cepat karena jalur kereta sedikit lebih jauh. Destinasi stasiun sama kayak diatas, turun di Xincheng.

Info combo tiket bisa dilihat disini:
http://taiwan-itinerary.blogspot.com/2013/04/HualienTaipeiTransportation.html

3. Spot of Interest
Spot of interest banyak, bisa disesuaikan dengan beberapa hal dan kondisi, misalkan beberapa hari yang mau dihabiskan di Taroko atau anggota traveling. Karena kita cuma satu hari dan traveling dengan anak-anak, jadi kita ambil main spot yang kondisi trekkingnya pun relatif mudah. Spot-spot dibawah ini bisa dihabiskan dalam 6 jam dengan sewa mobil, termasuk istirahat makan siang. Kalau pakai bus sepertinya gak akan bisa cover sebanyak ini karena interval bus kurang lebih 1 – 1,5 jam.
– Taroko Archway
– Shakadang Trail
– Swallow Grotto
– Mother (Cimu) Bridge
– Lushui Trail
– Jiuqudong (Tunnel of Nine Turns) Trail
– Changchun (Eternal Spring) Shrine
Spot lainnya bisa dilihat di link Taroko National Park yang ada diatas.

Semoga bermanfaat

#BITaiwan #BITaroko

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/