Haloo~

Saya mau share tentang weekend getaway saya ke Ipoh, Malaysia tgl 7-8 Juli 2017.

Day 1, 7 Juli 2017
Dari Kuala Lumpur saya naik kereta harga tiket RM35 (sekitar 110rb). Berangkat jam 08:30 sampai jam 11:15 (harusnya jam 10:48). Berangkat dari Stasiun KL Sentral. Sesampainya di Stasiun Ipoh, untuk ke hostel cukup jalan kaki kurang lebih 20 menit. Tp kemarin saya 1.5jam karena banyak berhenti lihat2 street art. Iya, di Ipoh ini juga banyak street art sepertu halnya di Penang. Sesampainya di hostel saya istirahat bentar lalu mandi. Jam 2 saya berangkat menuju tujuan pertama saya yaitu Perak Cave Temple (PCT) Dari terminal bis Medan Kidd (ga jauh dari stasiun) naik bis nomor 35 (ongkos RM 1,5) atau 31(ongkos RM 2) nanti berhenti di depannya. Tiket masuk gratis. Jadi PCT ini gua yg di dalamnya banyak patung2 Buddha. Selain itu di dalam gua ada tangga yang akan membawa kita ke atas bukit. Kurang lebih 400 anak tangga. Dari bukit ini kita bisa lihat kota Ipoh dari ketinggian. Setelah selesai menikmati PCT saya lanjut ke tujuan berikutnya yaitu Kek Look Tong Temple (KLTT). Saya kembali menuju ke terminal Medan Kidd lalu berjalan ke stasiun Ipoh, di sini saya pesen Uber menuju KLTT. Sebenernya bisa naik bis, tapi cukup lama sampainya, krn takut keburu tutup jadinya saya naik Uber deh. Setelah 30 menit perjalanan saya sampai di KLTT, bayar RM 11. Untuk masuk ke temple ini gratis. Temple ini hampir sama dengan Perak Cave Temple bedanya Kek Look Tong Temple ini ada tamannya juga. Banyak warga lokal yg jogging sore2 di sini. Jam 17:30 saya mau lanjut ke mall buat ngadem dan liat2 aja sih. Coba pesen Grab/Uber tapi gak dapet2. Akhirnya saya nyicil jalan kaki, tb2 ada mobil berhenti yg isinya 4 cewe yang tadi sy ketemu di pintu masuk. Mereka antar saya sampai di mall. Jam 7 malam saya kembali ke hostel yang jaraknya cm 700m dari mall. Setelah makan dan mandi saya ikutan movie night di hostel yang diadain tiap malam. Jam 11 saya tidurrr~

Day 2, 8 Juli 2017
Hari ini harusnya saya balik ke KL jam 10:30 tapi setelah dipikir2 mau ngapain juga di KL akhirnya saya putuskan pulang ke KL jam 17:45. Tujuan saya hari ini adalah Gua Tempurung dan Kellie’s Castle. Kedua tempat ini letaknya agak ke luar kota Ipoh, untuk berangkatnya bs dijangkau dengan Uber/Grab, untuk pulangnya susahhhh, jadi mending sewa mobil (kurang tau brp biayanya). Jam 09:30 dari hostel saya naik Grab menuju ke Gua Tempurung perjalanan sekitar 30 menit tarifnya RM23 (setelah diskon, termasuk tol). Di Gua Tempurung ini ada 4 paket yg bisa kita pilih. Paket 1 itu explore seperempat bagian gua (20 Ringgit), paket 2 itu explore setengah bagian gua (30 ringgit), paket 3 explore tiga per empat bagian gua (40 ringgit) dan paket 4 itu explore seluruh bagian gua (50 Ringgit). Khusus paket 3 dan 4 itu ada short river adventure, jadi lewatin sungai2 gt. Saya hanya ambil yang paket 2. Gua Tempurung ini bagus banget dalamna, dan terawat. Di dalam gua ada kurleb 500an anak tangga. Kalau udh sampai batas paket 2 dan 3 untuk keluar kita balik lagi melewati rute yang sama. Untuk explore paket 2 waktu yg diperlukan paling lama 1 jam 45 menit. Tadi saya 1 jam udh termasuk berhenti buat foto2. Setelah selesai explore saya mau ke Kellie’s Castle, coba pesen grab/uber ga dapat2, akhirnya saya nyicil jalan kaki sambil coba cari tebengan. Akhirnya ada warga lokal naik motor sama anaknya kasih saya tumpangan sampai jalan besar. Kalau jalan kaki jaraknya kurleb 3km. Setelah sampai di jalan besar saya nungguin bis, tapi tak kunjung datang, jadi saya nyicil jalan kaki lg sambil hitchhike lagi cari tumpangan. Tumpangan gak kunjung dapat juga., tapi tiba2 ada mobil muter balik nyamperin saya dan kasih tumpangan. Tadinya saya mau diturunin di pertigaan, eh malah diantar sampai tujuan. How nice. Kellie’s Castle ini harga tiketnya 10 Ringgit. Castle ini dulunya rumah milik orang Scotland yg cukup berperan di Ipoh, tapi belum selesai dibangun, pemiliknya meninggal dunia karena sakit. Konon katanya arwahnya masih suka muncul di kastil ini. Setelah selesai saatnya kembali ke hostel. Untuk menuju ke kota sy bisa naik bis, tapi karena lama banget saya nyicil jalan kaki lagi sambil cri tebengan. Akhirnya ada 2 orang bapak2 yang memberi tumpangan sampai pertigaan jalan utama, dari sini saya melanjutkan perjalanan naik bis menuju terminal Medan Kidd bayar 2.4 Ringgit. Dari terminal ke hostel saya naik grab bayar 2 Ringgit. Sampai hostel saya mandi dan jam 5 tadi sy menuju ke stasiun untuk kembali ke Kuala Lumpur.

Selama di Ipoh saya menginap di Mari Hostel, bayar 45rb per malam (dormitory) , free breakfast dan juga minuman (teh, kopi, coklat) yang unlimited. Lokasi cukup strategis.

#BIIpoh #BIMalaysia

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/