Harap berhati2 membawa masuk obat2an dari luar.

Keputusan Menperindag No. 314/Kp/VIII/1974, tentang konsumen yang membawa obat legal lewat laut/udara untuk penggunaan pribadi jika memang bisa dibuktikan dengan resep dokter.

Ketika situasi dan kondisi mengharuskan kita untuk beli obat dari luar negeri dan membawanya kembali Indonesia, maka wajib menyerahkan copy surat keterangan dokter dan/atau resep resmi (ingat: tidak termasuk bill pembelian) yang melampirkan nama jelas pasien, dosis, frekuensi dosis, dan nama obat yang benar saat melakukan pemeriksaan CIQ (Bea dan Cukai, Imigrasi, Balai Karantina) di terminal kedatangan.

Jika tidak, obat akan dimusnahkan, sebab petugas bea cukai tidak mungkin bisa mengetahui manfaat dari obat-obatan tersebut tanpa adanya bukti resep dokter.

Namun demikian, formulasi obat umum (misalnya suplemen multivitamin generik atau obat-obatan yang juga dijual di Indonesia tapi dalam versi/varian berbeda) biasanya tidak akan begitu bermasalah selama dapat dengan mudah diidentifikasi oleh petugas bandara dan disesuaikan dengan kebutuhan yang dinyatakan oleh si pelancong itu sendiri.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/