Hi,

Saya share perjalanan ke Alaska yah πŸ™‚ . Alaska di kenal juga sebagai ” The last frontier” atau perbatasan terakhir. Alaska merupakan bagian dari Russia yang kemudian di beli oleh Amerika Serikat pada tahun 1867.

Kita memilih kota Fairbanks karena secara geografis Fairbanks ada di bawah ” Aurora oval” di mana aurora paling sering terlihat, karena cuaca yang dingin dan malam yang panjang. Fairbanks adalah kota terdingin di America. December adalah bulan terdingin di mana suhu berkisar -25Β°C sampai -32Β°C (bahkan kalau sangat ekstrim pernah mencapai -55Β°C). Pada musim dingin, daylight di Fairbanks hanya berlangsung selama 4 jam di mana sunrise pada pukul 10.30 pagi dan sunset pada pukul 14:30 siang. Untuk melihat Aurora, daerah yang paling dingin dan gelap adalah yang terbaik, dengan kata lain Desember adalah bulan yang tepat.

Trip ini boleh di katakan trip ternekad kami, di mana kami tidak pernah mengalami atau mengunjungi tempat bersalju dan ini merupakan pertama kalinya dan tidak main main dengan suhu -30Β°C, dimana freezer di rumah yang hanya -16Β°C sudah bisa membekukan daging , berarti dua kali lipat dinginnya, kita berpikir apakah kita bisa bertahan?

Selain belajar bagaimana menghangatkan tubuh kita juga harus mempelajari bagaimana merawat peralatan fotografi kami yang benar, karena salah sedikit saja lensa/.kamera berembun maka akan rusak.

Tujuan kita ke Fairbanks hanya untuk melihat dan memotret Aurora, dan kita hanya memiliki kesempatan 1 malam karena mahalnya Lodge, kita hanya tinggal untuk satu malam karena Lodge berada jauh dari kota sehingga tidak ada polusi cahaya dan sangat bagus untuk melihat Aurora lebih jelas, terlalu nekad
hanya satu malam tetapi apa boleh buat. Pada malam itu cuaca sangat berawan, jam 22.30malam kita sudah ready di lobby lodge
sambil menonton tv dan pantau cuaca dari website dan bolak balik keluar masuk halaman luar untuk mengecek. Sampai pukul 1:00 malam tidak terlihat juga bintang apalagi Aurora karena cuaca yang sangat berawan, kita berpikir kalau saja sampai Aurora tidak muncul pada malam ini sirna sudah harapan
dan persiapan kita . sampai pada pukul 2.30 kita sudah pasrah, tetapi kita tetep bertahan dan pada saat 3.30 muncul cahaya hijau dan dalam waktu yang
singkat seluruh langit berubah menjadi warna hijau, Aurora tepat di depan mata yang begituuuuu dekat dan Indah!!

Tips untuk mengunjugi tempat dengan derajat – 30Β°C
– Persiapkan baju dan celana dingin yang benar benar khusus untuk suhu minus dan memakai layer layer yang benar (Recommended The north face & Columbia).
– Persiapkan sepatu yang khusus untuk suhu minus.
Kaki sangat sensitif dengan dingin, jika kaki dingin otomatis tubuh tidak nyaman
– Persiapkan penutup kepala dan penutup hidung/wajah,
karena suhu yang sangat dingin dan kering, sedangkaan hidung kita lembab, jika kita tidak memakai penutup hidung sewaktu kita menghirup akan terasa air air di hidung kita berubah jadi es.
– Membeli hand and foot warmer.
Ini sangat sangat bermanfaat dan membantu, dan bisa bertahan selama 6 jam setelah di buka. Bentuknya seperti bungkusan silica gel, dan bisa di taruhkan di setiap kantong jacket dan kaus kaki.

Total biaya 4D3N kira kira US$800 per orang
– Flight from Seattle-Fairbanks-Seatle, Alaska airlines US$ 330 per person
– 2N Pike’s Hotel US$62 per person
– 1N Mount Aurora Lodge US$72 per person
– Sirius Dog Sled+2 ways transport US$140 per person
– 2day transport US$90 per person
– 4D meal US$100 per person

Seperti biasa Kamera yang di gunakan adalah kamera Sony dengan lensa 16-35mm dan 70-200mm πŸ™‚

Beberapa rekomendasi:

* Pike’s Waterfront Lodge hotel. http://www.pikeslodge.com/

*Sirius Sled Dogs http://www.siriussleddogs.net/

*Mount Aurora Lodge http://www.mountauroralodge.com/

*Airlink Shuttle and Travel http://www.airlinkalaska.com

#bialaska #biaurora #binorthenlights

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/