Hola…
Cerita sedikit pengalaman ketika di Cordoba Juli lalu.
Siang itu hujan turun dengan derasnya, saya yang sedang cuci mata menghabiskan hari terakhir di Cordoba menepi masuk toko souvenir seputar Mezquita Catedral de Cordoba. Menunggu sekitar 15 menit hujan reda, saya berjalan hati-hati karena tidak mau terciprat air genangan, hemat baju. Tidak fokus melihat kedepan tiba-tiba seorang Ibu-ibu menghampiri dan langsung memberikan potongan rosemary. Saya menolak spontan tapi dia memaksa agar saya mengambil dan seperti memastikan bahwa tidak apa-apa. Saya pegang rosemary ditangan kiri ibu itu memaksa agar saya cium rosemary nya. Saya mulai waspada, duh jangan-jangan ada obat bius tapi kok ya perlahan saya cium juga. Oh tidak ada bau lain selain bau rosemary. Saya bilang terimakasih sambil berlalu namung tangan kanan saya tetap dipegang, dia dia mulai meramal : “kamu orang yang sangat baik…… ayo cium lagi rosemarynya.”
Saya pun nurut (kalau baik sih emang sudah dari lahir kali) Dia melanjutkan :” kamu orang yang sangat sayang pada keluarga, bagimu keluarga adalah nomor satu….” Dia berkata tapi matanya tidak fokus ke saya seperti melihat kebelakang saya. Saya stop ramalan dia dengan ucapan tegas, :” Maaf saya moslem, agama saya melarang saya untuk diramal apapun alasannya.” sambil mengembalikan rosemary dan cepat-cepat melangkah pergi.

Yaelaaa kalau cuma mengatakan sesuatu yang baik-baik tentang orang lain sih gak perlu sok meramal, saya juga bisa. Reflek saya melihat kebelakang,saya seperti memastikan bahwa Ibu itu tidak mengikuti saya. Taraaa… dia sudah berdua dengan temannya. Seketika flashback kejadian barusan. Ok kalau seandainya saya terpesona dengan “ramalan” ibu Gipsy tersebut dengan tangan kanan saya dipegang olehnya, lalu tangan kiri mencium rosemary. Berarti temannya entah muncul dari mana, bisa dengan leluasa dari belakang merogoh tas saya yang tanpa penjagaan. Pesan moral, kalau mau muji seseorang jangan klise harus dengan bahasa yang spektakuler, biar terpikat :p

Dimanapun berada terutama jika travel sendiri banyak berdoa, dan tidak menerima pemberian orang apapun bentuknya. Mungkin ini hanya sebagian kecil dari trik mereka tetap waspada dimanapun berada, semoga bermanfaat. Keep travel, keep save.

#cordoba #gipsy

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/