Ijin sharing tentang transportasi di Jepang mungkin berguna utk teman2 yg baru pertama kali hendak travelling ke Jepang. Yg saya alami adalah kebingungan menentukan mo beli jenis pass apa yg paling hemat dan cocok. Banyak membaca sudah sy lakukan dan sangat menolong tp pengalaman gak bisa dipungkiri adalah yg terbaik.
Sy memutuskan untuk tidak membeli JR pass dari sini dan memilih utk membeli setibanya di Jepang. Rute sy adalah sbb mendarat di Kansai Osaka-Kyoto-Tokyo-Jkt. Sesampai di Kansai sy bertanya di kantor JR sembari sign up wifi gratis dibantu petugas yg sangat fasih berbahasa Inggris. Sy putuskan membeli Icoca dan bukan JR pass krn penerbangan pulang sy tidak dari Osaka.
Icoca bisa dipakai untuk semua line transportasi di 3 kota tsb diatas, hanya utk refund harus dilakukan di Osaka sementara sy pulang dari Haneda. Jadi yg sy lakukan adalah memakai kartu Icoca sebagai “debit card” untuk membeli makanan di Haneda airport. Untuk top up di Tokyo tetap bisa dilakukan di vending machine dengan memilih menu top up untuk kartu Pasmo karena memang tidak ada pilihan utk Icoca. Sy tidak tau jika teman2 masuk dari Tokyo dan membeli Pasmo apakah hal yg sama berlaku di Osaka, tp menurut hemat sy seharusnya kondisi nya juga sama dalam arti Pasmo juga bisa dipakai di Osaka. Icoca juga mengcover biaya bis selama di Kyoto (500 yen sehari) dan train dari Osaka-Kyoto kurleb 800yen. Sekali lagi bukan berarti JR pass pilihan yg buruk tp kembali lg ke kebutuhan masing2 kita yg pasti berbeda. Banyaknya pilihan pass di Jepang sebenarnya memudahkan kalo kt tau memilih dengan tepat. Bertanyalah di kantor informasi yg ada di station disana untuk mendapatkan informasi yg dibutuhkan.
Sekian semoga membantu. #BIJAPAN

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/