Informasi untuk semua member Backpacker International.

Group touring, jalan-jalan, wisata, dan atau backpacking adalah lahan basah bagi para oknum penipuan paket wisata. Telah berkali-kali terjadi penipuan Open Trip(OT) dan Share Cost(SC) dari oknum yg tidak bertanggung jawab yang menjerat korban melalui grup seperti BI. Modus operandi yg dilakukan adalah dengan menawarkan perjalanan wisata baik OT maupun SC dgn harga yg terkadang murah. Oknum meminta mentransfer biaya pembelian tiket dll ke dalam rekening oknum dgn alasan agar mempermudah pembelian tiket utk mendapatkan tanggal yg sama. Saat korban sudah mentransfer, oknum akan menghilang dan semua kontak tidak dapat dihubungi lagi.

Saran kami, jika harus bergabung Open Trip pastikan bahwa perusahaan atau orang yg mengatur perjalanan tersebut benar-benar terpercaya dgn melihat testimoni beberapa klien perusahaan tersebut langsung dgn menghubunginya. Testimoni dlm bentuk tulisan di web dll kurang begitu terpercaya, jadi usahakan kontak langsung minimal 2 orang yg pernah memakai jasa OT mereka utk mendapatkan info terbaik.

Jika kalian memutuskan utk Share Cost(SC) demi menghemat biaya maka lebih baik utk tidak mentransfer uang dgn nominal berapapun ke dalam rekening seseorang. SC cukup mudah dan tidak perlu mentransfer uang ke seseorang hanya utk membeli tiket dan voucher hotel agar sama tanggalnya. Tentukan bersama-sama peserta SC lainnya tanggal keberangkatan, pulang dan hotel tempat menginap, lalu lakukan pembayaran sendiri via web maskapai atau web hotel online sesuai tanggal yg telah disepakati semua peserta.

Jangan pernah percaya dgn seseorang yg mengirimkan inbox ke kamu dan menawarkan tiket atau paket wisata mereka karna beberapa laporan penipuan modusnya selalu melalui inbox. Biar aman pesanlah tiket langsung ke Maskapai atau travel yg sudah cukup dikenal dan mempunyai alamat jelas.

Penipu biasanya akan mencoba berteman dengan admin BI di Facebook, hal tersebut adalah salah satu trik mereka untuk meyakinkan calon korban bahwa dirinya adalah mutual friend admin dan berdalih “saya kenal deket ama admin BI si Wawan Rabies, Okky Miraza, Dk Agung, Ardi Winangun dll” padahal admin hanya berteman di FB dan belum pernah bertemu muka.

Mari bersama-sama membagi informasi ini agar tindak pidana penipuan yg memanfaatkan grup seperti ini untuk berburu korban dpt kita cegah atau persempit ruang geraknya.

-Wawan Rabies Admin BI-

#BIinfo #BackpackerInternational #BIModusPenipuan #BIPenipuanTiket

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/