Ini bagian ke III dari cerita roadtrip Sulawesi saya, antara Kolonodale ke Luwuk. Di Kolonodale kita harus aktif tanya jadwal kapal yg hendak lanjut menuju Baturube. Tidak ada jalan sambung ke Baturube krn melewati kawasan cagar alam Morowali, jadi harus lewat laut. Ada 2 pilihan, dengan kapal kayu berangkat jam 2 pagi. Dan dengan ferry jam 9/10 pagi. Tidak setiap hari berangkatnya, jadi wajib bertanya saat tiba.

Saya naik ferry, biar bisa lihat pemandangan indah siang2. Teluk Tomori aduhai indahnya, perjalanan ferry paling keren yg saya pernah lalui. 4 jam tiba di Baturube, lalu lanjut perjalanan darat 5 jam ke Luwuk.

Dari Baturube jalanan sudah diperkeras namun masih banyak batu lepas, mesti hati2. Juga ada beberapa jembatan darurat yg kalau naik mobil bakal bikin deg2an. Tapi begitu tiba di kabupaten Banggai, jalan berubah mulus hingga ke Luwuk. Di tiap kota kecamatan ada pom bensinnya di Banggai.

Kota Luwuk cantik kalau malam disaksikan dr bukit Kasih Sayang namanya. Obyek wisata yg keren di luar kota yaitu air terjun Salodik dan Pulau Dua. Pulau Dua cukup jauh, 3 jam perjalanan namun worth it! Dari bukit kita saksikan suasana mirip di TN Komodo yg arid/gersang. Kuliner recommended on the way ke pulau dua itu di empang kayutanyo, ikan bakarnya maknyus n suasananya nyaman.

#roadtripsulawesi

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/