Ini merupakan postingan pertama gw di group Backpacker International. Saya ingin sharing salah satu trip terbaik saya yaitu ke Fjord Trip Norway.

Sebagai salah satu orang yang besar dengan tayangan National Geography Channel, menjelajahi Fjord di Norway merupakan salah satu impian saya semenjak remaja (ketauan kalau sekarang sudah tidak remaja hehe..) dan bulan April 2017, salah satu wishlist terbesar saya terwujud.
Cara termudah untuk menikmati Fjord Tour di Norway ini adalah dengan membeli paket Norway In Nutshell (terkenal dengan istilah NiN).

Jadi NiN ini semacam trip seharian kejar tayang dari Oslo berakhir di Bergen dengan menggabungkan beberapa opsi moda transportasi seperti Kereta, Kapal dan Bus. Rute NiN yaitu Oslo – Myrdal (Kereta Biasa), Myrdal-Flam (Kereta Wisata terkenal dengan istilah Flamsbana dan merupakan salah satu scenic route terbaik di dunia), Flam-Gudvangen (Fjord Cruise), Gudvangen-Voss (Bus) dan Voss-Bergen (Kereta Biasa). Semua rute tersebut saling menyambung dan tuntas dalam seharian. Oiya NiN ini semacam tour tanpa guide yaa, jadi kita cuma ngikutin rentetan moda transportasi yang disediakan.

Berhubung saya orangnya ga demen kejar tayang dan gampang capek, saya memutuskan untuk menyusun jadwal perjalanan sendiri. Saya membeli tiket tiap moda transportasi sendiri (beberapa diantaranya jauh hari agar dapat harga promo). Selain itu saya memutuskan untuk menginap semalam di Flam dan ternyata ini keputusan terbaik saya karena menurut saya masterpiece tour ini adalah kota Flam itu sendiri dan sekitarnya. Yang jelas I’m Fallin in Love with Flam.

Saya ga akan cerita detail tentang gimana rasanya naik kereta dari Oslo ke Flam karena saya yakin sudah banyak postingan tentang itu. Saya hanya akan sharing betapa menariknya kota Flam. Sebenernya Flam ini ga layak disebut kota tapi sebuah desa. Desa yang sangat cantik karena dikelilingi oleh pengunungan dan terletak diujung Aurland Fjord. Bayangin aja tinggal di desa yang dikelilingi pegunungan hijau berpucuk salju dengan udara yang sangat bersih dan sejuk. Aiiiiihh… nyesel deh kalau ga nginep di Flam.

Beberapa aktiivitas yang saya lakukan di Flam :
1. Trekking (saya ambil rute termudah) dan bengong-bengong bego dipuncak bukit sambil liat Fjord rasanya tiada duanya.
2. Ikut bus tour ke Stegestein View Point. Ini semacam tour menuju view point terbaik untuk menikmati pemandangan Fjord. Di bus kita akan diberikan audio guide yang memberi penjelasan tentang kondisi Flam dan sekitarnya.
3. Fjord Cruise, ini paling special banget karena kita akan menikmati fjord di atas speed boat dengan kecepatan tinggi. Rasanya luar biasa, berada di tengah-tengah salah satu tempat impian saya. Tenang saja untuk menghalau dingin saya diberikan baju berlapis-lapis seperti astronot lengkap dengan kacamata khusus dan penutup kepala. Katanya dengan perlengkapan ini kalau kita terjatuh dari speedboat kita dapat bertahan dari dinginnya air paling tidak 60 menit sampai kapal bantuan datang (antisipasi case Titanic yang sebagian besar meninggal bukan karena tenggelam tetapi Hypotermia).

Info soal Flam :
1 Pada bulan April suhu berkisar 5 sd 10 derajat C pada siag hari dan 0 – 5 derajat C menjelang sore/malam.
2. Matahari baru tenggelam pada pukul 09.30 malam.
3. Meski pedesaan kecil di Flam terdapat pusat informasi turis yang sangat lengkap dan informatif seluruh paket wisata dapat dipesan langsung ke pusat informasi termasuk kalau ingin menitipkan koper/tas.
4. Tidak banyak restoran dan kalaupun ada tutup lebih cepat pada bulan April sekitar pukul 5 sore. Tetapi ada satu supermarket. Keperluan makan memakan dapat dipenuhi dari supermarket ini.

Intinya Flam ini sangat layak untuk dikunjungi, berikut saya sertakan beberapa foto hasil jepretan di Flam dan sekitarnya (lebih lengkapnya bisa mengunjugi account instagram saya di @danuadesetiawan)πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/