Intermezzo kulakan GuangZhou (4)
#BIKulakan #BIGuangzhou

Scared Heart Church of GuangZhou

Penasaran mendengar dari diskusi teman-teman tentang gereja ini, saya melakukan sedikit penelitian :p tentang gereja ini, karena setiap kali ke GZ saya selalu melewati gereja ini dan hanya tahu jika bahan pembangunan gereja ini didatangkan langsung dari Jerusalem, ternyata story di balik gereja ini lumayan luar biasa juga, berikut sedikit diantaranya :

1. Konstruksi pondasi gereja ini mulai dilakukan pada tahun 1861, dimana terdapat satu kilogram pasir dari Roma dan 1 buah batu granit dari Jerusalem sebagai simbol persatuan diletakkan sebagai pondasi awal dan mulai dibangun pada tahun 1863, tepatnya tanggal 8 desember 1863 dan selesai pada tahun 1888 dimana pengerjaan bangunan gereja ini dilakukan oleh perajin asli dari China yang notabene tidak pernah tahu apa itu bangunan gereja :), artinya ini gereja sudah berumur 150 tahun lebih 😉 dimana design gereja ini mirip dengan katredral-katedral di Eropa dan memiliki kemiripan dengan Basilika St. Clotide di Prancis.

2. Lokasi Gereja ini dahulu adalah kediaman dari raja muda dari GuangDong dan GuangXi pada dinasti Qing.

3. Semua konstruksi bangunan dilakukan dengan menggunakan tangan tanpa melibatkan alat-alat berat.

4. Pembangunan gereja dibiayai oleh Napoleon III dan dilakukan saat perang Opium pertama dan kedua, sehingga ketegangan dalam pembangunan luar biasa tinggi, ditambah lagi pembangunan rumah ibadah di dekat tempat usaha atau tempat tinggal menurut feng shui orang china akan mendatangkan kecelakaan dan ketidakberuntungan.

5. Ada tulisan “Roma 1863” pada salah satu granit yang menandakan tahun pembangunan dan bangunan tersebut merupakan bagian dari gereja katolik Roma diganti oleh pemerintah China menjadi “Jerusalem 1863” karena pemerintah China tidak mengakui otoritas Roma atas Gereja Katolik di daratan China.

Berikut Jadwal misa di Gereja ini : (semoga belum ada perubahan)

Weekdays : 06:45 (Cantonese)
Saturday : 06:45 (Cantonese), 16:00 (Korean), 19:30 (Mandarin)
Sunday : 07:00 (Cantonese), 08:30 (Cantonese), 10:30 (Mandarin), 15:30 (English)

Untuk mencapai tempat ini, dapat menggunakan MRT line 2 turun di Haizhu Square exit A atau B, terus jalan ke arah Utara ke Jalan Yidelu sekitar 15 menit dari stasiun, atau line 6 turun di Yidelu exit A atau B terus jalan ke arah selatan sekitar 5 menit dari stasiun.

Semoga bermanfaat, sedikit pengetahuan untuk kunjungan kita ke sebuah tempat, yang tadi nya saya anggap biasa ternyata cukup menakjubkan diliat dari sejarah pembangunan dan bertahannya sebuah Gereja di daratan China 🙂

See you in next posting
Liaw Budianto

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/