Japan trip 20- 29 Feb’16 (Tokyo- Osaka- Kyoto- Jigokudani- Shirakawago)

“Traveling. It leaves you speechless then turns you into a storyteller”- Ibn Battuta . Hallo teman BD, izin bercerita ya tentang perjalanan ke Jepang gw ber 8. Semoga bermanfaat buat teman- teman semua. πŸ™‚

Total Pengeluaran = Rp 16.367.795
Pengeluaran selama di Jepang (makan, oleh2, penginapan, transport, etc) : Rp 8.467.795
Tiket AA pp : Rp 2.800.000
JR Pass : Rp 3.400.000
Disneysea + Universal Studio : Rp 1.700.000

Inilah negara yang udah lama gw impi- impikan untuk di jelajahi. Jepang di mata gw adalah sebuah negara yang unik dan cukup bikin gw kagum. Betapa tidak, rasa nasionalisme mereka yang tinggi, ketepatan waktu transportasi2 umum yang udah gw rasakan sendiri, betapa helpful nya mereka walau keterbatasan kata untuk berkomunikasi serta tradisi dan kebudayaan lokal yang masih kental dan mereka lestarikan dalam berbagai festival. Semua nya menjadi kombinasi yang terekam jelas dalam benak gw.

Gw juga terbantu dengan web Japan Guide yang memberikan gambaran tempat yang akan gw kunjungi dan juga Hyperdia yang memudahkan gw untuk mencari rute train selama di Jepang. So untuk gambaran umum tourist2 interest, transportasi dan segala macem informasi umum mengenai Jepang bisa kalian cari di 3 link itu ya guys. Untuk lebih lengkap nya bisa mampir ke sini ya, ada video nya juga lowh:

Gak seperti trip gw yang dulu2, trip gw kali ini cukup berbeda. Yang pertama karena trip x ini gw udah ada gandengan :malu dan kedua adalah gw pergi dalam jumlah total 8 orang termasuk gw. Gw sebenarnya kurang suka untuk traveling rame2 karena akan semakin banyak kepala, akan semakin banyak juga terjadi selisih paham. Dan juga bila pergi dalam jumlah lebih dari 2 orang, pasti akan ada waktu yang terbuang karena harus menunggu satu dengan yang lain nya. Tapi untuk trip x ini gak ada masalah yang berarti, 90% lancar lah. Okay kita mulai ya..

<<<>>
CGK- DMK| 16:45- 20:15
DMK- NRT| 23:45- 08:00

Serperti yang sudah- sudah, kalau naik AA ya begini nasib nya harus transit dulu sehingga ada waktu yang terbuang. Tapi demi impian ke Jepang gpp deh.:wkwkwk Singkat cerita kita ber 8 sudah sampai di Narita Airport. Sekedar info saja, untuk terbang menuju Tokyo kita bisa memilih untuk mendarat di antara 2 bandara yaitu Narita dan Haneda . Untuk dari segi jarak dan waktu tempuh, Haneda adalah yang paling dekat dengan Tokyo. Sampai di airport kita mengurus JR Pass agar bisa di aktifkan untuk besok hari nya.

Hari pertama di Jepang kita ber 8 memilih menginap di daerah Asakusa untuk 2 malam . Dari Narita kita beli tiket Keisei untuk menuju Asakusa (Subway) . Sebelum itu kita juga membeli 2 day pass Subway, karena hari ini JR Pass kita belum kita aktifin, dan besok sebagian dari kita juga mau ke Disney yang banyak menggunakan jalur subway. Keluar dari stasiun subway agak bingung juga, akhirnya nanya2 dan mendapat arahan dari Pak Pol, kita jalan kaki menuju Bunka Hostel tempat kita menginap. Dalam perjalanan kita melewati Sensoji Temple yang terkenal dengan lampion besar di gerbang nya, foto2 sebentar lalu jalan lagi mencari hostel kita.

Akhirnya ketemu Bunka Hostel setelah sempat sedikit nyasar dan gak yakin arah kita. Lapor ke reception, langsung lunasin biaya menginap 2 malam dan nitip tas di hostel. Karena umum nya waktu check in di Jepang biasa nya jam 3an ke atas.

Setelah titip tas, badan sudah enteng tidak bawa beban. Kita melayang ke Nakamise street yang banyak menjual pernak- pernik dan oleh2 dimana ujung dari jalan ini adalah Kuil Sensoji.

Jalan- jalan keliling akhirnya lapar dan kita makan Ramen + Gyoza di Nakamise street .Lalu jalan lagi muter2 di Nakamise street , masuk ke dalem Kuil Sensoji lalu jajan street snack entah apa nama nya. Kurang gitu enak sih, kenyal2 dengan saus manis gitu. Di depan toko nya banyak yang antri beli gituan, gw penasaran jadi coba deh. Ini penampakan nya.

Oke setelah puas kita ber 8 cabut menuju Ueno Park . Masuk subway Asakusa | G19 menuju ke Ueno | G16 yang berada di Ginza Line. Kita jalan keluar di exit 5b. Menyebrang ke arah Chuo Dori dan ternyata eng inng engg…. Sakura sudah mekar malu2 di sini. Angin cukup kencang di sini, kita lanjut jalan kaki ke Ameyayokocho . Di sini semacem Pasar Baru gitu lah kalau di Jakarta, banyak jual macem2 dan ada juga Marion Crepesyang uda cukup terkenal di kalangan tourist manca negara.

Alright puas keliling dari ujung ke ujung melihat2 lapak yang di gelar, kita kembali masuk ke Ueno | G16 dan menuju ke Mitsukosimae | G12/ Z09 untuk pindah ke Hanzomon line, mengarah ke Shibuya | Z01 . Udah pada tau kan adegan nge drift nya Fast n Furious nya Tokyo Drift di persimpangan yang padat itu, nah di Shibuya lah letaknya. Di Shibuya Crossing] ini juga terletak patung nya si Hachiko anjing setia yang melegenda.

Udah sore menjelang malam, angin kencang membuat semakin dingin dan menjadi cepat lapar. Kita orang makan ke Yoshinoya di Shibuya. Lalu team terbagi menjadi 2, yaitu 2 pasang yang cukup tepar kembali ke penginapan dan gw dan 1 pasang lagi lanjut jalan ke arah Omotesando dan Ginza . Tinggal naik subway Ginza line dari Shibuya dan turun di Ginza | G09 . Sudah malem sekitar jam 8 an, gak terlalu banyak yang kita explore di 2 tempat ini karena udara yang cukup dingin juga (sekitar 4 derajat celcius pas malem).

Kita balik ke penginapan kita yang di daerah Asakusa . Sudah bisa check in karena sudah malem juga sekitar jam 10an. Bawa naik tas ke kamar dormitory kita. Bunka hostel nyaman n bersih guys, secara neh tempat baru buka belum lama juga setau gw. Malem gw n doi laper lagi, ngesot ke sebrang deh ada McD. Beli burger dan fries. Uda kenyang langsung balik n istirahat karena besok bakal butuh tenaga maen seharian.

3 onigiri + air minum 850
Yosinoya 860
Mcd (640) 500

<<>>

Jam stgh 8 pagi kita uda cabut dari hostel, masuk subway Asakusa | A18 lalu transit di Ningyocho | A14 pindah ke Hibiya line menuju ke Tsukiji | H10 . Pasar ikan ini terkenal dengan pelelangan ikan tuna nya yang besar2, tourist bisa mendaftar untuk menyaksikan pelelangan nya pada dini hari. Nah kita orang mampir kesini untuk makan pagi saja, lalu menuju DisneySea .

Maknyus jg ramen d sini, yg makan antri dan berdiri macem di kondangan. haha.. Wah udah jam 9 neh, cabut deh ke Disney Resort. Group terbagi 2, 2 pasang masih stay di Tsukiji dan akan ke Yokohama sedangkan gw n 1 pasang lagi ke Disney. Naik subway Hibiya line lagi menuju Hatchobori | H11 lalu transit ke Keiyo line turun di Maihama , jalan kaki menuju Resort Gateway lalu masuk deh ke DisneySea.

Kenapa milih DisneySea? Karena gw udah pernah coba DisneLand di HongKong dan DisneySea ini adalah satu2 nya di dunia untuk saat ini. Tidak boleh bawa makan/ minuman dari luar sih aturan nya dan setiap tas akan di periksa saat kita mau masuk ke dalam. Dan inget ya guys, Selfie stick a.k.a Tongis is strictly prohibited di dalem lingkungan DisneySea! Yowis gw n cwe gw maen seharian di sini sampe tutup deh.

TIPS! Dateng sepagi mungkin, ambil wahana2 yang punya FastPass (free). Saat kita ambil 1 FP di 1 wahana, maka FP yang bisa kita ambil lagi adalah 2 jam berikut nya. Makanya sangat penting untuk dateng sepagi mungkin, biar puas gan. Cek ke web Disney langsung, apakah di waktu kunjungan lu itu ada wahana yang sedang di tutup atau gak.

Gw agak kesiangan dateng nya, masih kurang puas banget. Gw kira Feb kan masih dingin dan gw dateng hari senin bakal sepi, ternyata cukup rame juga. Design nya DisneySea sih EPIC banget guys, nuansa petualangan dan romantis berpadu jadi 1. Suatu saat mau balik lagi gw. Haahha… Gw sama cwe gw maen sampe neh tempat tutup jam 10, lalu langsung balik ke hostel istirahat karena besok kita mau ke Kyoto.

2 onigiri+ air 368
Ramen 700
Kereta Disney Resort 560
Chicken leg (500) 300
Spageti (700) 720
Burger 990
Potato head 2010

<<>>

Bangun pagi jam stgh 7an, kita mampir ke Matsuya untuk sarapan, semacem Yosinoya tapi kalau ini kita masukin duit dan mesan di mesin. Check out dari Bunka Hostel dan menuju ke Tokyo | M17, naik Shinkansen Hikari dengan waktu tempuh kurang dari 3 jam menuju Kyoto . Sesampainya di Kyoto kita beli Subaway 1 day pass, lalu masuk subway menuju Karasuma Oike dan jalan kaki menuju Piece Hostel Sanjo. Hostel nya bagus, nyaman n bersih terus dapet breakfast lagi.

Hostel nya dekat dengan Nishiki Market so kelar nitip tas kita cari makan di Nishiki deh. Jalan menuju JR Kyoto untuk mencapai Saga-Arashiyama. Dari stasiun ini jalan kaki 15 menitan untuk mencapai Arashiyama Bamboo Forest. Keliling n foto2, jam 7 malem kita balik ke hostel deh.

Matsuya 450
Lawson 425
Oyakadon + karage 500

<<>>

Tujuan hari ini adalah pergi ke Fushimi inari, Kiyomizudera, Gion dan Kinkakuji, tapi sadar kalau gerak kita lumayan lelet, maka untuk Kinkakuji terpaksa kita skip. Sebelum keluar dari hostel kita beli 1 day bus pass untuk bisa naik bus sepuasnya. Lalu kita menuju Kyoto station, lalu dari sini kita naik bus 5南 dan turun di bus stop Inari Taisha Mae. Jalan kaki 5 menit kita sampai di Fushimi Inari, foto2 dan beli oleh2.

Lalu kita kembali ke Kyoto station dan berganti bus 100 n turun di bus stop Kiyomizu michi, nyebrang jalan lalu kita jalan memasuki jalan Uedacho? mengarah ke Yasaka Pagoda, lalu memasuki Ninenzaka, Sannenzaka dan belok kiri ke arah Kiyomizudera. Sedang di renovasi ternyata, gak jadi masuk karena kita masih harus ke Gion.

Oya di sepenjang jalan menuju Kiyomizudera ini banyak toko yang menjual oleh2 khas Kyoto dan banyak yang kasih free sample. So ambil secukupnya gan icipin satu2 tiap rasa gak masalah, yang penting jangan lu bungkus aja masukin dalam tas. Puas foto2, kenyang icip2 free sample, akhirnya kita lanjut naik bus no 100 dan turun di bus stop Gion. Jalan kaki dari bus stop di sepanjang jalan Shijo Dori lalu nyebrang menuju jalan Hanamikoji. Di daerah Gion ini gw berpapasan dengan 1 Geisha? yang jalan nya cepat sekali, dan gw cuman bisa tercengang tanpa berusaha memotret nya.

Ya sudah lah biarkan d rekam dalam otak saja, toh para Geisha ini rada malu dan jalan nya cepat. Kalau kalian ke daerah Gion tolong ikutin aturan yang ada ya guys, jangan malu2in kayak orang yang gw ketemuin di sini. Encim2 gitu ngikutin tuh Geisha mungkin dengan maksud mau moto, sampe tuh Geisha masuk dalem rumah juga di ikutin. Akhirnya ada 1 cwo yang langsung menghardik n tuh encim buru2 keluar kabur cekikikan. :cd Kalau kalian berminat untuk memotret nya, mending izin ke dia nya dengan sopan, bungkuk 90 derajat

Oya setau gw ada 1 area lagi dimana kita bisa melihat Geisha yang umumnya baru keluar d atas jam setengah 6 sore yaitu di Shirakawa Minami. Yang gw lihat di mbah Goog sih tempat nya lebih bagus di banding yang Hanamikoji. Tapi yowis lah, karena keterbatasan waktu kita orang explore di sini aja.

Sudah jam 6 sore, kita cuss ke Osaka naik LTD Exp Thunderbird dari Kyoto station dan turun nya di Osaka station. Dari jalur JR kita pindah k jalur subway untuk menuju [color=purple]shinsaibashi stop[/color] . Bagi yang hobi belanja pasti seneng deh kalau di ajak ke Shinsaibashi] karena sepanjang jalan di kiri kanan berjejer toko.

Tadinya hampir saja kita tergiur mau explore ke Dotonburi lebih dalem, tapi setelah liat jam sudah 21:35 sedangkan kita harus kejar kereta JR untuk balik Kyoto jam 10 paling terakhir. Untung saja masih keburu n dapet kereta untuk balik Kyoto, dari Kyoto station pun kita harus kembali naik bus menuju hostel karena subway pass udah gak berlaku dan kita punya 1 day bus pass yang udah di beli tadi pagi.

bus pass 500
gyoza 220
glove 200

<<>>

Bangun jam 7 dan stanby untuk sarapan gratis dari hostel, lalu kita naik kereta JR menuju Osaka. Kita turun di Shin-Imamiya dan menuju Hotel SunPlaza2. Harga nya murah bener neh hotel, cuman 280rb per malam untuk 2 orang. :malu Tapii.. ternyata ini semacem hotel buat ” esek2 ” sepertinya, karena di loby ada 2 rak isi nya full vcd Be eF. : Tapi ya sepadan lah, nama nya juga murah, ya kualitas jgn nuntut yang macem2 lah. heheh… Ok sperti biasa kita hanya lapor dan titip tas saja, lalu cuss menuju Universal Studio.

Man ternyata Osaka lumayan rumit juga jalur kereta nya, dari pengalaman yang udah2 harus nya dalam 1 jalur hanya akan di isi 1 kereta dengan 1 arah tujuan saja. Tapi berbeda di Osaka, ternyata pada 1 jalur ada lebih dari 1 kereta yg masuk dan bisa memiliki tujuan berbeda. Alhasil gw n teman2 sempat nyasar2 untuk menuju USJ. Intinya dari Osaka station ambil JR osaka loop line menuju Nishikujo station lalu ambil JR yumesaki line untuk turun di Universal City station.

Akhirnya kita masuk USJ udah kesiangan sekitar jam 11.40 an. Untung nya di USJ sama dengan USS yang di beberapah wahana nya ada Single Raider, so kita manfaatin aja untuk menghemat waktu dari pada antri lama2. Kita maen di sini sampe tutup jam 19:00.

TIPS! Mending waktu pertama x kalian masuk, langsung menuju area Harry Potter untuk ambil EntryPass. Nanti di EP nya itu akan di kasih tau jam dimana kalian bisa masuk area Harry Potter. So kalian ga perlu terlalu antri lagi deh.

Walau kesiangan tapi lumayan puas lah, apalagi bagian Harry Potter nya EMEJING bangett bagi gw (ngantri wahana Hogwarts nya juga emejing 2 jam ) . Sudah jam 20:15 ketika kita masuk ke stasiun JR, sempat ingin ke Dotonbori tapi karena angin yang cukup kencang dan dingin sekali pada malam di Osaka, akhirnya kita mutusin untuk balik ke hotel dan makan malem di samping hotel. Ada toko kecil, yang jual encim2 nyentrik. Masakan nya maknyuss juga guys, gw pesen gyoza + mie goreng.

bus 240
Hotel 2440
Makan di USJ (1920) 1000
4 onigiri (500) 250
Makan mlm 1650

<<>>

Ini hari yang cukup melelahkan, kita bangun jam 5 dan langsung menuju stasiun Osaka untuk naik Shinkansen Hikari menuju Kanazawa. Gw da n 1 teman sempet keluar di Kanazawa untuk menanyakan Bus Nohi menuju Shirakawa-go tapi ternyata jam pagi sudah full booked. Di Kanazawa lah gw merasakan salju untuk pertama x nya dalam hidup gw , tapi sayang nya gw merasakan nya sama teman gw batangan juga karena cwe gw n teman yang lain menunggu di dalem saat kita ber 2 keluar mencari info. Akhirnya kita lanjut naik Shinkansen Hakutaka ke Nagano.

Sesampai nya di Nagano kita cari info lagi apakah ada alternatif menuju Shirakawago selain memakai jalur umum Kanazawa/ Takayama dengan Nohi bus. Ternyata masih sama aja, kita di kasih tau untuk call Nohi bus apakah jam besok yang jam pagi masih tersedia. Yowiss kita keluar stasiun n cari hostel untuk titip tas, lalu balik ke stasiun Nagano untuk beli Snow Monkey 1day pass. Tinggal naik Express bus deh menuju Jigokudani.

Lagi2 karena waktu yang terbatas kita ga bisa explore Nagano, padahal di sini harusnya nyobain onsen, ah sudahh lah…. Balik ke Nagano station udah jam 18:20. Gw sm cwe gw memilih untuk jalan2 dulu di dalam stasiun sedangkan yang lain sudah kelaparan. Nah teman2 gw masih penasaran pengan ke Shirakawa, akhirnya setelah nanya2 dapet info lah bahwa kita bisa ke Shirakawa besok melalui Shin- Takaoka dengan naik bus tanpa perlu booking.

kombini 782
Ramen (420) 220
Kitkat 3486 + 651
<<>>

Hari ini dimulai dengan bangun pagi jam 5, karena kita harus mengejar Shinkansen Hakutaka dari stasiun Nagano jam 6.10 ke Shin- Takaoka. Sesampainya di Shin- Takaoka kita naik Shirakawago Gokayama World Heritage Bus jam 08:25.

Bus ini juga singgah di desa Gokayama, Suganuma dan Ainokura loh. Bus tiba di Shirakawago jam 10:20, walau di sini bersalju tapi untung nya angin tidak terlalu kencang sehingga udara tidak terlalu dingin. Lalu sesampai nya di desa yang menjadi salah satu desa warisan dunia UNESCO ini, kita bisa naik bus yang mengantar ke Shiroyama view point. Tempat untuk melihat desa Shirakawago dari atas kejauhan.

Jam 13:50 balik ke Shin- Takaoka untuk naik Shinkansen ke Tokyo. Sampai Tokyo sudah jam 7 malam dan kita menuju stasiun Nakano karena hostel terakhir kita berada dekat sini. Tarok tas, isi2 form ga jelas d hostel lalu kita cuss ke Shinjuku untuk lihat2, melewati daerah Kabukicho yang terkenal sebagai red district nya Tokyo. Hari semakin malam dan kita ber 8 balik ke hostel untuk menyiapkan sesuatu.

kombini 601
hostel 2300
oleh2 1836

<<>>

Inilah hari terakhir kita ber 8 untuk bisa explore di Tokyo, karena malem ini kita memutuskan untuk tidak stay d hostel soalnya besok flight kita balik adalah jam 9 pagi. Setelah semalem nya kita tidur larut malam akibat menyiapkan sesuatu, alhasil pagi ini yang harus nya rute kita adalah menuju ke Gotemba untuk melihat Fuji harus batal.

2 pasang yang bangun pagi dan cabut jam 5 subuh untuk menuju Gotemba akhirnya telat mengejar train dan memutuskan untuk ke Tsukiji namun banyak yang tutup. 1 pasang lagi cabut dari hostel sekitar jam 8 pagi untuk melihat Tokyo Marathon. Sedangkan gw dan cwe gw? Kita ber 2 terlelap dan baru cabut dari hostel jam 10.

Kita ber 8 akhirnya sepakat bertemu di Central, sebuah gedung yang isinya menjual makanan dan minuman seperti pasar swalayan, dengan harga yang cukup bersahabat. Central ini dekat dengan stasiun Oshiage yaitu tepat di bawah nya Tokyo Skytree.

Abis lunch di dalam Central kita lanjut menuju Odaiba. Dari manapun kalian berada, turun di Shimbasi n keluar berganti ke Yurikamome Line. Inget ya di jalur ini JR Pass dan Subway Pass kalian gak ampuh, jadi harus beli tiket sendiri. Ada apa kita ke sini? Ini neh

Sebener nya masih banyak lagi sih yang bagus2 di Odaiba, tapi kita cuman sempet mampir ke sini aja. Lalu menuju Akihabara, area yang ramai menjual mainan2 dan elektronik. Jangan lupa mampir ke toko Don Quijote di sini karena ada menjual berbagai variasi KitKat dan harganya cukup murah. Pas sampai di sini, sempat jalanan di Akihabara ini macam CFD a.k.a Car Free Day karena inget kan tadi pagi ada Tokyo Marathon.

Hari sudah makin sore neh, kita lanjut ke Harajuku , kalau paling dekat sih kita pindah ke JR Yamanote Line dan turun di stasiun Harajuku untuk jalan kaki ke Takeshita dori. Nah di sini gw ketemu yang jual KitKat Greentea termurah seantero Jepang (kayaknya). Tepatnya di sebuah toko yang jual obat, di awal2 kita memasuki Takeshita dori ini. Ada juga Daiso yang cukup besar di sini, 4 lantai kalau tidak salah inget.

Tidak terlalu banyak ketemu orang2 yang memakai kostum aneh2, hanya ada 1 atau 2 orang saja. Mungkin hari nya kurang tepat x ya. Akhirnya balik ke hostel karena tadi pagi setelah check out, kita semua nitip tas agar tidak menjadi beban. Malam terakhir ini kita habiskan untuk bermalam di Narita, selain untuk irit juga agar besok pagi tidak terlalu buru2 untuk ke Airport mengingat jarak yang cukup jauh. Ada 711 yang buka 24 jam lantai B1, kita beli makan malam lalu bobo deh.

daypass 1000
keisei 860
sevel 378

<<>>

Pagi terakhir di trip kali ini. Baru kali ini gw nge trip ke negeri orang, pulang2 bawa oleh2 sampai harus beli bagasi tambahan. Setelah check in ke konter AA, gw sm cwe gw jalan2 n lihat oleh2 yang masih bisa d beli di Narita seperti Tokyo Banana, Nama Chocolate, etc.

Seperti yang gw bilang di awal, Jepang adalah negara yang udah lama gw impi- impikan, dan ternyata benar gak mengecewakan. Sisi modern dan tradisional nya sama2 kuat dan berjalan beriringan, membuat kita tourist2 bisa dapetin hiburan dari kedua sisi di negeri Sakura ini. Orang yang ramah, sopan dengan attitude yang luar biasa, etos kerja yang EpJing, sebuah hal positif yang patut kita contoh.

JAPAN γ‚Ήγ‚΄γ‚€ !!!

to be continued on 25 April ! Yup, gw bakal balik lagi ke Jepang 25 April 2016 ini :wakaka Mau nge guide paman dan nenek gw, karena Jepang ternyata adalah negara yang juga di impi- impikan oleh Nenek gw. Sayonara!

Instagram: @t0nyjaxx (angka 0)
Youtube: Antony Dinata

#BDJepang #BDTokyo #BDKyoto #BDOsaka #Disneysea #Japan #Tokyo #Kyoto #Osaka

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/