JUST INFO!!!

Bea Cukai Bandara Internasional di seluruh Indonesia per September 2017 Menerapkan Peraturan Perpajakan dengan sangat ketat untuk Pembelanjaan dari Luar Negeri per orang Max setara $ 250 atau Satu Keluarga Setara $ 1.000 yang bebas Bea Masuk Meskipun dipakai sendiri.

Setiap penumpang hanya boleh membawa maksimum 200 batang rokok, 25 batang cerutu dan 25 gr tembakau iris. Minuman beralkohol dibatasi maksimum hanya 1 liter.

Tentang Coretan Kapur di Kopor
Di sejumlah bandara, petugas Bea Cukai di bagian belakang bandara (air side) biasanya menandai barang penumpang dengan coretan kapur, sebagai tanda agar koper atau bungkusan tersebut diperiksa lebih lanjut. Pada saat penumpang mengambil barangnya, petugas Bea Cukai di bagian depanlah yang akan menentukan apakah akan memeriksa lagi atau tidak.
Satu yang pasti, para penyelundup dan penjahat akan bergegas ke toilet atau menyiapkan tissue atau sapu tangan basah untuk menghapus coretan tersebut. Jika aktivitas ilegal ini terjadi, pasti terlihat melalui cctv dan mereka ditarget petugas untuk diperiksa lebih mendalam. Bahkan bisa jadi dibawa ke RS untuk di-rontgen isi perutnya.

Jadi bila Anda tidak menyelundupkan atau menyembunyikan sesuatu, sebaiknya jangan ikut-ikutan bersikap seperti seorang penjahat.
Sekali lagi, sikap kooperatif akan mempercepat proses pemeriksaan dan membantu petugas memiliki waktu lebih memadai mentarget penjahat sebenarnya di dalam antrian Anda. Bersikap baik bisa membuat Anda menjadi pahlawan bagi banyak orang.
Informasi lebih lanjut terkait hal ini dapat dibaca juga di website Bea Cukai, atau menghubungi call center: 1500 225.

Mohon disosialisasikan kepada Keluarga, Rekan”, Sahabat & Masyarakat Luas.
DJBC

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/