Just Sharing! #BIjapan #BIinfo

Enakan Ramen, Udon atau Soba??

Bagi pecinta Mie, Mie Jepang harus dicoba! Karena terdapat 3 jenis Mie khas Negeri Sakura ini, yakni Ramen, Udon dan Soba. Nah perbedaanya apa ya? Okay mari kita teliti.πŸ€”

Ramen
Ramen merupakan Mie paling populer di Jepang. Mie ini awalnya berasal dari Cina. Terbuat dari tepung terigu menjadikan ramen memiliki tekstur yang lebih kenyal. Bentuk dan panjangnya pun beragam, ada yang tebal, tipis, keriting, atau lurus. Kuah kaldunya sangatlah pekat dan berasa dibandingkan dengan Udon dan Soba. Biasanya kaldu berasal dari shoyu, miso, atau shio. Topping Ramen pun biasanya, Telur rebus, chasiu (irisan daging babi), nori (rumput laut), irisan daun bawang, jagung dan Naruto (Kamaboko/olahan ikan)

Udon
Udon merupakan Mie asal Jepang. Untuk membedakan Udon dari Mie lain adalah dari Ukurannya dan Teksturnya yang lembut. Udon juga terbuat dari Terigu. Udon dapat disajikan dalam kondisi panas atau dingin dengan kuah kaldu bening atau kuah Kare. Udon bisa disajikan Panas dan Dingin, semuanya tergantung selera ya. Topping Udon biasanya, Tempura (gorengan), Nori (rumput laut kering) Telur rebus, Otak-Otak, Onigiri dan Inari (nasi dibungkus tahu).

Soba
Yang membedakan Soba dari Mie lainnya yaitu Soba terbuat dari Tepung Gandum. Bentuknya sama seperti Mie Ramen namun tidak sekenyal Mie Ramen. Warnanya cenderung putih keruh atau hijau. Warna hijau tersebut dihasilkan dari The hijau jepang. Sama seperti Udon, Soba dapat disajikan Panas ataupun Dingin. Untuk kuah kaldu Soba panas yaitu bening dan tidak pekat. Sedangkan untuk kaldu Soba dingin, kuah kaldunya terbuat dari kecap asin yang pekat. Topping Soba juga bermacam seperti Udon, yaitu Tempura, Nori , Telur rebus, Otak-otak, Sushi dan lainnya.

Nah jadi apa Favorit kalian?? Share juga pengalaman kalian yaa,, Salam Backpacker!! πŸ˜ŽπŸ˜„

#backpacker #backpackerjepang #jepangbackpacker #infojepang #sakurakitabackpackers #antiriasti #ramen #soba #udon #japanesefood

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/