Kami dan teman sekampung pernah diundang ke Jakarta dan diinapkan di hotel bintang 4 atau 5. Saat sedang asyik sarapan di restoran hotel, seorang teman menggodain bernada nyinyir “Saya lihat, kamu sudah 3 kali bolak-balik ambil makanan”.

Saya kaget, walau tau cara sarapan kita berbeda, kaget aja digituin. Agar sikon tetap positif saya jawab “Tenang kak, rencana bolak-balik 5 kali kok, hehe”. Diskusi selesai.

Walau teman2 backpacking, kadang teteup ke hotel kan?

+++

Manner Sarapan Pagi di Hotel

Sarapan pagi di hotel (prasmanan/buffet) didesain untuk cara makan internasional (barat), sehingga saya ikut manner mereka. Kalau kata ustadz ini namanya ‘Urf (adat/budaya yang berlaku). Lebih utama diikuti jika tidak melanggar syariat.

Seorang teman pekerja hotel bilang, beberapa perilaku orang yang tidak menggunakan manner, sbb :

1. Semua pilihan makanan utama yg ada di prasmanan, semuanya dimasukan dalam piring
2. Buah2, puding, juice, minuman, dan penganan lain diambil, lalu dikumpulkan di meja.
3. Bolak balik mengambil makan dilakukan sebelum makan, jika sudah lengkap, baru mulai makan. Ketika sudah makan, mereka tidak akan beranjak dari kursi, kecuali telah selesai.
4. Biasanya meninggalkan sisa, karena ngambil makanan saat laper (lebih nafsuan), dan makan nasi duluan sehingga kekenyangan…
5. Jika makan utama telah selesai, dan pelayan meminta izin untuk mengambil piring kosong, biasanya mereka gak suka, karena dianggap mengusir.

Ada yang masih kayak gitu?
Hehe…

+++

Bagaimana manner yang baik. Teman tadi, bilang :

1. Dahulukan dengan makanan ringan yg lembut, seperti buah, puding, dsb.
2. Cukup ambil makanan secukupnya. Prasmanan adalah pilihan, bukan untuk diambil semuanya.
3. Ambil satu jenis hidangan saja, lalu habiskan. Nanti piring kosong akan diambil pelayan agar meja bersih. Dan silakan anda ambil hidangan lain. Bule bahkan bisa bolak-balik 5-10x (kurang tau ada manner yang mengatur ini)
4. Jarang ada sisa, karena makanan diambil seperlunya.

+++

Kalau saya pribadi, dengan keterbatasan ilmu, biasanya gini
1. Pertama kali masuk ke ruang sarapan, akan berkeliling dulu melihat semua hidangan yg disiapkan, dan menyiapkan rencana eksekusi, haseek…
2. kemudian memilih tempat duduk yang nyaman dan strategis. Pastikan jangan terlalu jauh, karena nanti akan sering bolak-balik. Cukup jalan kaki, karena kalau pakai gojek akan didemo.
3. Ambil buah dan susu/air jeruk nifis seperlunya, habiskan.
4. Jika ingin meninggalkan kursi tutup sendok di piring, kumpulkan ama gelas, taruh di kiri, agar pelayan tau kita selesai dengan piring tersebut dan bisa diambil olehnya. Taruh napkin di meja, agar orang lain tau kita akan kembali.
5. Kalau mau makan berat ambil roti/nasi/cereal, habiskan. Jangan terlalu banyak ambil nasi, mending manjain lidah.
6. Boleh ambil hidangan lain. Disana boleh makan sepuasnya, yamg penting dihabiskan -etika. Mending ambil sedikit-sedikit, tapi beragam. Daripada makan nasi + lauk doang, lekas kenyang, hehe.
7. Ambil hidangan penutup, kadang ada kue2, ice cream, penganan khas lokal atau daerah tertentu yang sayang ga diicipin.
8. Kalau ingin minum teh/kopi, nanti akan ditawari pelayan dan dituangkan. Kalau ga sabar, boleh dipanggil atau ambil sendiri.
9. Kalau ingin telur omelet, kalau sabar tungguin di depannya. Kalau lama kasih kode posisi meja, agar diantarkan oleh pelayan lain. Tapi point yang ini kayaknya para bule berbeda. Mereka selalu menunggu, sambil mengapresiasi pembuatan omelet.

Tuh, jadinya berapa kali bolak-balik?
Belum lagi kalau ada gebetan, perlu bolak-balik cari perhatian. Eaaaaaa

+++

Bagaimana menurut Syariat dan Kesehatan?
1. Makan buah terlebih dahulu adalah sehat dan sunnah
2. Makan secukupnya adalah sehat dan sunnah
3. Selektif, tidak menggabungkan makanan beda alam -misalnya daging dan ikan- adalah sehat dan sunnah.
4. Tidak meninggalkan sisa makanan adalah baik dan sunnah.
5. Mengikuti ‘Urf (manner yg berlaku) lebih utama dan baik untuk kehidupan sosial.

+++

Itu baru manner sarapan, belum manner saat makan malam di depan pengusaha dan pejabat. Lebih ribet lagi hehe

Pointnya :
1. Mari sama2 belajar
2. Jangan nyinyir kalau ada yang beda, bisa jadi mereka kurang tahu, atau kitanya yang ga tau. Yuk sama2 cari tahu.
3. Keep Positive.

*Manner2 lainnya ada di post fb pribadi, kebanyakan sementara diset khusus friend.

Mohon koreksi jika ada salah, dan tambahan jika ada yang kurang.

Ada yang mau share pengalaman?

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/