Karena belum ada yang post, mau share juga tentang trip ke Belarus 2 minggu yang lalu.
Masuk Belarus untuk paspor Indonesia seperti yang ditulis sebelumnya bebas visa untuk kunjungan 5 hari. Syaratnya harus masuk dan keluar via Udara dan bukan dari atau ke Rusia.

Saya terbang dari Riga, Latvia pake pesawat AirBaltic (AirBaltic ini lowcost carrier jadi harganya jg bisa murah banget). Sampai di Airport kita harus beli insurance tergantung durasi tinggal, saya beli untuk 3 hari 2 malam bayar €2.00 dan langsung antri ke loket Imigrasi, di Loket imigrasi paspor saya dibulak balik, di cek pake kaca pembesar sampe saya bingung, apa mereka kira Paspor Indonesia itu paspor palsu? πŸ˜‚ ternyata 30 menit kemudian petugas imigrasi bilang “this is my first time seeing this passport!” Oalah.. kirain saya bakalan dipermasalahin. Teman saya yang pake paspor HK juga sama harus nunggu lama karena emang jarang banget turis dari Asia ke Belarus.

Di Bandara kita beli kartu sim card karena harganya murah banget 1.5GB BYN 5.00 (Belarus Rubel 1BYN = IDR6800) karena di bandara gak ada wifi. Dari Bandara kita naik Uber ke hostel harganya gak begitu mahal karena airport ke kota itu lumayan jauh. Kita menginap di Hostel Trinity Minsk private room harganya US$51 untuk 2 malam. Disitu mereka nyediain tour ke Mir dan Nezvish Castle bayar per mobil $90. Kebetulan ada 4 orang jadi per orang cuma bayar $23 (gak termasuk tiket masuk Mir dan Nezvish Castle)
Belarus baru membuka negaranya untuk turis jadi ya wajar kalo infrastruktur pariwisatanya masih agak kurang tapi so far, Mir Castle dan Nezvish itu bagus banget menjelaskan sejarahnya Belarus dulu itu bagian dari Polandia dan Lithuania.

Kota Minsk sebenernya bisa di explore dalam satu hari aja, karena objek wisatanya gak begitu banyak. Karena kita stay di Old Town banyak objek wisata alias yang bisa di foto ya terkonsentrasi disitu. Oh ya, di Minsk juga banyak banget Fast Food Chain kaya McDonalds, KFC, TGIFriday dll. Semenjak Belarus membuka negaranya, Fast Food Chain dari Amerika langsung tumpah ruah dimana-mana. Kota ini juga bersih banget! Salah satu kota paling bersih menurut saya, jauh lebih bersih daripada Paris dsb. πŸ˜‚

kalo ada di Eropa timur, kenapa enggak mampir ke Belarus πŸ˜€

#BIBelarus

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/