Kebetulan kemarin kemarin sibuk belum ada waktu lagi buat sharing pengalaman bulan kemarin ke Ukraina berikut tentang Visa On Arrival di Bandara Boryspil, Kiev.

Sebelum saya lupa, meningan langsung aja sharing di laman BI. Saya naik pesawat dari Minsk, Belarus ke Kiev menggunakan pesawat Belavia tiba jam 9 pagi waktu Kiev. Begitu sampai di bandara saya bingung karena gak ada petugas, ada meja lengkap dengan komputer dan kamera nya, saya tanya ke turis-turis dari PRC pake bahasa mandarin seadanya πŸ˜‚ ternyata harus foto sendiri, isi sendiri, print sendiri tunggu petugas datang, kasihin duit deh. Sebenernya gampang gampang susah, yang jadinya gampang bisa jadi susah. Saya seneng banget begitu Ukraina memberlakukan Visa On Arrival untuk paspor Indonesia tapi ternyata…. curhat sedikit, kita rebutan komputer untuk isi form nya, upload fotonya dan print semuanya (Hotel Booking, Travel Insurance, application form), suasananya chaotic gak ada petugas yang bisa diandalkan dan mereka lama nya bukan main deh alhasil untuk nunggu petugas keluar ambil berkas kira kira 2-3 jam.
Saya sempet telpon KBRI KIEV dan mereka sangat membantu dengan memberikan beberapa arahan, kalo kalo kita tertahan imigrasi mereka siap membantu pokonya. Akhirnya petugas datang, saya kasih berkas saya, harga nya kebetulan ga ada yang β€œresmi” jadi ya agak β€œsuka suka” petugasnya! Denger denger harganya $103, tapi karena saya cuman pny $100 dan €20 dia gak mau kasih kembalian, katanya ongkos β€œngeprint” bener-bener deh! Saya lapor kejadian tersebut ke KBRI dan mereka bilang ya di Ukraina emang begini.. yang sabar aja 😭😭. Jadi kalo mau ke Ukraina bkin visa on arrival harus siap siap nunggu lama dan bayar $103 uang PAS!

Dari bandara menuju hotel (saya meningap di IBIS HOTEL KIEV) menggunakan Uber. Di kiev macetnya ya sama lah kaya di Jakarta πŸ˜‚ cuman bedanya ada Metro yang lumayan bisa membantu dengan harga super duper murah. Nah di Ukraina ini living cost nya murah banget, cocok sebenernya untuk budget traveller. Di kiev sendiri banyak tempat-tempat menarik yang bisa di kunjungi, Gereja Gereja Ortodox yang cantik dll.

Ke Ukraina gak afdol kalo gak ke Chernobyl ya kan? Orang mikir kita gila tapi yasudahlah, udah kepalang basah, kita cari info tentang tour ke chernobyl, tour ke chernobyl ini gak bisa sembarangan, harus di arrange 1-2 hari sebelumnya karena kita harus di register oleh perusahaan tour dan di briefing sebelumnya tentang harus pake apa, harus bawa apa dll. Aman atau enggak mengunjungi Chernobyl? Tentu Aman, tapi harga yang di bayar gak begitu murah. Rata-rata harga tour ke Chernobyl itu kira kira $135/per person, kebetulan kita sewa private tour krn satu dan lain hal, seorang bayar $235 😭 mahal tapi pengalaman dan pembelajaran yang di dapat sebanding lah, karena dari dulu pengen banget ke Chernobyl melihat reaktor nuklir no.4 yang meledak pada saat itu dan kota mati Pripyat.

Sebenernya banyak tempat lain seperti Lviv, Chernivtsii dll di Ukraina yang bisa di explor. Ukraina itu negara yang lumayan besar di Eropa, jadi kalo menurut saya 7-10 hari di Ukraina pas deh!

P.S. saya cuman dikasih visa 5 hari aja ya disesuaikan dengan bookingan hotel.

#BIINFO #BIUKRAINA

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/