Late Post.
19 Januari 2016.

Cadas Pangeran – Sumedang.

Cadas Pangeran adalah nama suatu tempat, kira-kira enam kilometer sebelah barat daya kota Sumedang, yang dilalui jalan raya Bandung—Cirebon. Pemberian nama ini terkait dengan pembangunan Jalan Raya Pos Daendels yang melintasi daerah ini. Karena medan yang berbatu cadas, lima ribuan jiwa pekerja kehilangan nyawanya. Hal ini membuat marah penguasa Kabupaten Sumedang, Pangeran Kusumadinata IX (1791-1828) yang lebih populer dengan sebutan Pangeran Kornel, dan ia memprotes Daendels atas kesemena-menaan dalam pembangunan jalan itu. (Copas)

Berpose di tepi jalan dengan pendamping yang setia, sewaktu ngetrip Bandung – Cirebon, tempat yang sangat di kenal banyak orang, dan jalur yang sangat ditakuti oleh pengendara.

Sekitar tahun 1980an sewaktu tinggal di Bandung sering melalui jalur ini, jalur ini sangat rawan kecelakaan sebab jalan yang sempit untuk 2 kendaraan berlawanan arah, jangan harap bisa melalui kendaraan di depan, jalur yang sempit, harus ada yang berhenti jika berpapasan di tikungan, tetapi sekarang sudah diperlebar di sisi jalannya, saya tidak sempat ambil gambar penopang pelebaran jalur ini yang bergelantung dan di bawahnya tebing yang dalam sekali.

#Trip6. #Tangerang_Madura. #Cadas_Pangeran. #Tebing_curam. #Pangeran_Sumedang. #1791_1728. #Daendels. #Bandung_Cirebon

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/