Malam Teman-teman Backpacker Dunia #BISingapore #BIImigrasi. Ini pengalaman gw tentang kedatangan diimigrasi Singapore.

Pernah masuk ruang imigrasi karena cap passport salah tahun. Gimana rasanya?

Rabu 13 September 2017 hari bersejarah buat hidup gw, kali ini dalam urusan kantor ke Singapore. Biasanya ke Singapore hanya untuk liburan, kali ini beda, kerja 1 hari aja berangkat pagi, pulang malam. Pagi itu gw naik ferry pertama jam 06:00 dari Sekupang Ferry Terminal, awalnya semua aman setelah gw menunggu antrian imigrasi Singapore. Gw liat salah satu petugas imigrasi sangat teliti memeriksa passport orang yang akan masuk Singapore, tapi petugas yang lain gw lihat aman-aman aja. Gw udah feeling, kayaknya dengan petugas ini hanya beberapa orang yang lolos, sisanya dibawa ke kantor imigrasi, entah apa yang salah dengan passport mereka. Setau gw sih dengan nama yang sering orang masuk ruang imigrasi. Saat gw dapat giliran ama dia, perasaan gw udah nggak enak, dia terlalu teliti sampe perhalaman passport gw dia cek, sampai ditanya gw ditanya mau kemana, gw jawab aja meeting ama boss yang kebetulan kantornya tepat diatas gedung Harbourfront Ferry Terminal. Trus tiba-tiba gw dia kasih tau, “cap passport di tahunnya ini salah 13 September 2016, harusnya 2017, hmm selamat udah bakal masuk ruangan itu”. Petugas di Batam ngantuk, sama kayak gw yang nggak double cek dengan capnya. Bener aja dia panggil petugas yang berjaga didepan antrian imigrasi untuk membawa gw ke ruangan itu. Pas gw masuk petugas yang antarin gw bilang “ini cap tahun passportnya salah, temannya bilang nggak masalah kalo cuma tahun aja” Yah, bener gw ketemu petugas super duper teliti kayak dia, yang lain barengan ama ferry dengan gw lolos aja. Setelah masuk gw menunggu dalam ruangan bersama orang-orang yang passportnya ada kesalahan, apakah masalahnya sama dengan gw? Kalo memang iya semua penumpang yang di Ferry barengan ama gw harusnya masuk ruangan yang sama. Tapi gw cuma yang ada, karena saat itu cuma 10 penumpang jam 06:00 naik ferry jadi gw masih ingat wajah2 penumpangnya. Menunggu saat dipanggil pertama untuk cap sidik jari jempol, habis itu di suruh masuk lagi, panggilan kedua baru dia tanya ama petugasnya “mau kemana mas, ke kantor diatas ya?” setelah dia lihat gw tulis alamat kantor tujuan gw hari ini. Petugas kantornya sopan, dia bilang “meeting jam berapa mas? Gw jawab udah telat dari janjian jam 09:00 ini dah 09:15”. Trus dia bilang, nanti pas pulang ke Batam minta petugasnya mengganti tahun 2016 ke 2017 ya, kalo tidak nanti masalah masuk Singapore.

Akhirnya gw keluar juga dari kantor imigrasi Singapore dengan aman, buru-buru ke kantor buat janjian meeting, nah dari kejadian ini gw belajar bahwa petugas imigrasi juga manusia biasa tidak luput dari salah, masih pagi-pagi buta jadi mase pengen molor dikasur, jadi tiap passport di cap silahkan dicek kembali apakah mereka sudah betul tanggal, bulan dan tahunnya. Kalau tidak selamat menikmati pengalaman kayak gw. Sampai jumpa dicerita selanjutnya.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/