“Mandi di Indonesia, agak berbeda dengan di Prancis. Ketika anda masuk kamar mandi, anda akan menemukan sejenis ‘bath up’ besar penuh dengan air. Jangan langsung berendam!!! Carilah sejenis panci dari plastik, biasanya berwarna cerah. Ambil air dari ‘bath up’ dengan panci tsb dan mulai lah berekspresi secara bebas. Iya, anda bisa menyiramkan air ke mana saja di dalam kamar mandi. Awalnya mungkin aneh tapi lama-lama ritual mandi ala Indonesia ini justru menyenangkan.”

Itu petikan dari deskripsi mandi di Indonesia yang pernah saya baca di buku guide traveling ke Indonesia dalam bahasa Prancis. Tentu saja buku itu sukses membuat saya tertawa ngakak sambil berpikir masa sih mandi saja perlu dijelaskan secara detail. Ternyata setelah saya membuka pintu aparteman untuk beberapa couchsurfer Indonesia di Paris, saya pun mengerti bahwa perbedaan cara mandi ini sangat penting! Beberapa kali kamar mandi saya temukan agak banjir, untungnya lantai kamar mandi saya dari keramik jadi tidak berakibat terlalu fatal.
Adik ipar saya menyewakan apartemennya untuk Airbnb dan minggu lalu mendapatkan tamu dari Indonesia. Dia agak kesal karena menemukan kamar mandinya banjir dan akibatnya rembesan air masuk ke tetangga di bawah apartemennya. Mungkin kesannya remeh tapi ternyata bisa berakibat fatal.
Beberapa teman yang bekerja di hotel dan TL seringkali menemukan hal yang sama dengan tamu dari Indonesia bahkan hotel bisa men-charge tamu hingga ratusan euros tergantung dari kerusakan yang diakibatkan. Jangan sampai menginap di hotel seharga 50€ dan malah membayar denda 500€ hanya karena mandi ya!
#BIinfo #BIParis #BIEropa

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/