MARI BERHEMAT DENGAN MENGGUNAKAN VISA WAIVER – 3 TAHUN (JEPANG) DAN VISA MULTIPLE KOREA SELATAN – 5 TAHUN.
#BIKoreatrip

Nah temen temen, pengalaman saya sharing ini, bener bemer bisa menghemat salah satu pos biaya perjalanan, yaitu biaya Visa. Terutama bagi temen temen dan saya sendiri yang sering melakukan perjalanan berulang ke dua negara, yaitu : Jepang dan Korea Selatan.

Kenapa Hemat ..? Karena dengan sekali apply/daftar saja kita sudah bisa mendapatkan visa selama 3 hingga 5 tahun, bener benar hemat dibanding setiap akan berangkat harus apply visa baru. Ini agar cara hemat nya apply visa ke dua negara.

1. JEPANG – WAIVER VISA
– Masa belaku visa : 3 tahun atau mana yg lebih dahulu expired: Passport atau visa, bisa diperpanjang.
– Sifat multi entries visa, bisa bolak balik sesukanya dengan sekali kunjungan diberikan masa tinggal 2 minggu atau 14 hari.
– Biaya : GRATIS, cukup daftarkan epassport kita ke kedutaan Besar Japan dalam waktu satu hari visa bisa diambil.
– Syarat : Mengganti passport lama dengan epassport, biaya penggantian Rp. 655.000,- di kantor Imigrasi yang bisa mengeluarkan epassport, Passport lama dgn masa kadaluarsa pendek atau panjang, isi atau kosong bisa ditukar langsung dengan epassport, lama pembuatan 3-5 hari saja.

2. KOREA SELATAN – MULTI ENTRY VISA
– Masa berlaku : 5 tahun
– Sifat Multi entries Visa dengan masa berlaku visa 5 tahun dengan masa ijin tinggal sekali berkunjung 30 hari.
– Biaya : Rp. 1.060.000,- dibayar dimuka saat mengajukan visa.
– Syarat :
1. Pernah berkunjung ke Korea Selatan minimal 1 x dalam masa 10 tahun terakhir.
2. Passport 10 tahun terakhir dilampirkan
3. Form aplikasi, Pas Photo berwarna : 1 lembar
4. Akte lahir/nikah/cerai, ijin dari suami diatas materai, KK, KTP.
5. Surat keterangan kerja, SIUP, NPWP perusahaan tempat bekerja
6. Surat penyataan pribadi yg manyatakan jaminan mampu membiaya perjalanan pribadi dan akan kembali ke Indonesia bagi kaum yg freelancer.
7. SIUP, NPWP , TDP perushaan bagi pemilik perusahaan
8. Tabungan Bank 3 bulan terakhir dilampiri ref bank berbahasa inggris, saldo minimal adalah brp hari tinggal di Korea kalikan 2 juta rupiah, yg akan dinilai lebih adalah aktivitas kegiatan rekening selama 3 bulan, semakin banyak transaksi maka likuiditas atau kemampuan keuangan kita semakin dinilai baik, Saldo puluhan bahkan ratusan juta tdk dijamin visa di setujui.
9. Semua passport yg halamannya ada visa nya di fc.
10. Slip gaji.
11. Bila syarat diatas tidak ada maka lengkapi dengan : (Ini bukan wajib) : SPT tahunan pribadi, NPWP pribadi, Kartu keanggotaan : Hotel Bintang lima, Anggota Club golf, Pemilik CC Gold dan Platinum yg bisa transaksi di luar negeri lampirkan tagihan 3 bulan terakhir.
12. Aplikasi Visa Korea Selatan tidak sama sekali membutuhkan Tiket pesawat, namun alamat dan nama hotel wajib diisi di aplikasi, isi saja comot dari booking.com atau sejenisnya.
13. Masa pemrosesan pembuatan visa 1 hari.
14. Bagi pegawai negeri sipil dan BUMN harus dilampirkan surat keterangan cuti dari atasan.

Sebaiknya, urus visa sendiri saja, mudah kok dan tidak usah takut. Dengan sendiri kita bisa menghindari Bahasa klise Travel agent macam : Saldo minimal 50 juta, dll. Saya selalu urus visa sendiri dan bila ada kekurangan bisa cepat dilengkapi dan direvisi.

Nah selamat mencoba….

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/