Mau sharing perjalanan kami ke Scandinavia 3 bulan lalu. Dengan pengaturan yang baik, maka perjalanan ke Norway (Oslo, Flam, Bergen), Denmark (Copenhagen), Sweden (Stockholm) plus Finland (Helsinki & Porvoo) selama 15 hari dapat dinikmati dengan budget 20 jutaan per org all in.

Setengahnya buat tiket pp (10 juta) dan setengahnya buat jalan2 di sana (10 juta). Masuk Oslo, pulang dari Helsinki. Semua akomodasi menggunakan couchsurfing, kecuali di Flam. Ini yang paling penting, karena harga akomodasi di Nordic Country itu muahaaal.

Untuk Norway, memang highlight yang selalu disebutkan adalah mengikuti tour Norway in a Nutshell (NiN). Cuma harganya cukup fantastis, resminya adalah NOK.1770 per orang. Hampir 6 juta berdua, berasa banget kalo budget terbatas. Akhirnya kami memutuskan untuk mengikuti rute dan mode transportasi sesuai tour NiN, tapi kami book sendiri semua transportasinya dari situs masing2, tidak melalui jalur tour. Total sekitar 1200 NOK per orang untuk rute NiN ala Pasangan Traveling ini atau tidak sampai 2 juta per org. Hemat banyak kan ?!

Karena ngatur sendiri rute NiN nya, maka kami memutuskan untuk bermalam di Flam, kota turis yang cantik namun tidak mungkin mencari host CS di sana. Jadi harus rela menginap di hostel. Keputusan yang tepat. Flam sangat cantik !! Sangat recommended untuk menginap di sini dan hiking. Jangan cuma numpang lewat, rugi banget ! Foto yang tampil adalah foto suasana di Flam

Copenhagen dan Stockholm ga dibahas lagi ya karena udah banyak yg share. Nah, rute Stockholm – Helsinki, kami menggunakan overnight ferry sehingga tidak perlu mencari akomodasi lagi. Berangkat sore hari dari Stockholm dan tiba pagi hari di Helsinki. Kami pakai Viking Line.

Perhatikan promo yang ada, bandingkan harga antara 1 way ticket dan return ticket (disebut cruise). Kami bisa dapat harga promo cruise Stockholm-Helsinki-Stockholm dengan harga lebih murah daripada Stockholm-Helsinki. Aneh tapi nyata. Jadilah kami beli yang return itu namun hanya dipakai 1 way saja karena dari Helsinki kami akan pulang. ga balik lagi ke Stockholm. Harganya 65 euro untuk 1 kamar berdua.

Kami book di website https://www.sales.vikingline.com/en/ Di website tersebut hanya bisa booking saja dan kita catat kode bookingnya. Bookingan ini tidak bisa dibayar secara online dengan kartu kredit keluaran bank Indonesia. Kami baru menyadari ini ketika sudah gagal mencoba berulang kali.

Solusinya ada 3, meminta tolong pada teman di Eropa untuk bantu bayarkan (kami pilih yang ini) atau transfer langsung ke rekening bank Viking (mahal banget pasti biaya transfer antar bank nya) atau mengisi formulir otorisasi credit card kepada Viking untuk melakukan pendebetan secara manual.

Banyak orang yang melewatkan Finland dalam daftar kunjungan Scandinavianya. Walau bukan termasuk negara Scandinavia, namun karena sudah dekat, baiknya sih didatangi juga. Banyak juga yang bilang Helsinki ga menarik. Hm.. kotanya memang biasa aja, tapi pulau2nya… Luar Biasa !! Coba deh ke Suomenlinna,
salah satu Sea Fortress terbesar di dunia dan masuk dalam UNESCO World Heritage Site. Serasa masuk ke petualangan Lima Sekawan (buku cerita anak jaman jadul) πŸ˜‰

Catatan perjalanan nya kami tuliskan di blog dalam 8 part (saking buanyaaaaknya). Part 9 yg berupa penutup pun belum selesai dibuat. Yang mau tau lebih lengkap bisa lihat di https://pasangantraveling.com/category/europe/

#BDNorway #BDScandinavia #BDHelsinki

Informasi Pengenalan mata uang :
Norway : Norway Krone atau NOK, 1 NOK setara Rp.1600,-
Denmark : Denmark Krone atau DKK, 1 DKK setara Rp.2000,-
Sweden : Sweden Krone atau SEK, 1 SEK setara Rp.1600,-
Finland : Euro, 1 Euro setara Rp.14.500,-

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/