Men temen, pernah alamin kaki membengkak karena terbang lama? Saya beberapa kali mengalami.
Jangan panik. Ini bukan sesuatu yang jelek-jelek amat tapi bukan berarti harus didiemin aja, bukan penyakit bahaya kok.

Tips nya kalo terbang misalkan lebih dari 4 jam atau sering terbang, sebisa mungkin bangun dari kursi di jeda-jeda penerbangan.

Gerak gerak badan. Kalo di belakang toilet usahakan berdiri atau jongkok bangun. Supaya kaki dan pergelangan gerak. Jalan hilir mudik di pesawat. Mau yoga juga boleh asal ga gangguin orang ya.

Usahakan jangan minum alkohol atau minuman yang bikin ketiduran sampai lupa bangun supaya ga diem terus di kursi, minumlah air putih secara teratur.

Jangan menggunakan pakaian ketat dan tidak nyaman supaya sirkulasi darah lancar. Misal lepas sepatu, lepas legging yang ketat ataupun BH yang ga menyamankan hati, tenang ga ada yang tertarik nyuri BH kok saat kita terbang.

Pengalaman saya, saya heran kok kaki saya rasanya gendut, bengkak dan berat, rasa sakit di sekitar tumit, waktu itu saya terbang lebih dari 4 jam dan rasanya sepatu udah ga pas lagi. Pas saya buka sepatu eh beneran kaki saya mendadak kayak kaki perempuan sedang hamil. Terus saya lihat ke cermin, apakah muka saya juga bengkak ternyata enggak. Owalah cuma kaki aja yang bengkak terutama atas pergelangan sampai sebelum jari-jari.

Suami pegang kaki saya memang berasa banget bengkaknya, doi sampai mikir saya mungkin kebanyakan makan. Tapi setelah search info di google dapat link dibawah terjawab lah misteri kaki bengkak itu karena tekanan saat terbang pada pembuluh darah.

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/edema/expert-answers/foot-swelling/faq-20057828
#BITips

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/