Mendaki Gunung Sinai

Gunung Sinai di Mesir merupakan tempat yang banyak diriwayatkan dalam kitab-kitab suci, di puncak gunung inlah Nabi Musa menerima wahyu. Tidak heran jika Gunung Sinai banyak didatangi peziarah.

Jika anda berminat ke Gunung Sinai, dapat memulainya dari kota St. Catherine. Dari kota bisa naik taksi ke biara St. Catherine di kaki gunung Sinai. Pendakian umumnya dimalam hari, mulai sekitar jam 1 malam, agar bisa melihat sunrise di kawasan puncak.

Untuk mendaki anda harus di dampingi pemandu warga Bedouin. Jika di dampingi berjalan kaki, tarif pemandu sekitar USD 10-20. Jika anda naik Onta, tarifnya USD 35. Untuk menghemat tenaga dan waktu, disarankan naik menggunakan Onta. Perlu waktu sekitar 1,5 jam naik Onta sampai di base pendakian.

Base ini berupa warung sederhana, sepertinya cukup banyak orang Indonesia yang ke Gunung Sinai, sampai pemilik warung membuat sign dalam bahasa Indonesia. Banyak pendaki yang kurang berhati-hati tercecer dompetnya. Di dinding warung ini banyak ditempelkan uang dan kartu identitas yang tercecer, saya melihat ada beberapa KTP WNI. Ada yang kenal..? πŸ˜€

Dari base pendakian ini kita melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki mendaki sekitar 1 jam. Jika kondisi anda kurang fit, bisa menyewa pemandu Bedouin dengan tarif USD 20-30, pemandu ini akan menuntun anda sepanjang perjalanan ke puncak, jika perlu anda akan di gendong di lintasan yang sulit.

Perjalanan ke puncak ditempuh sekitar 1 jam. Sampai dipuncak, ada sebuah masjid dan sebuah gereja kecil untuk peziarah yang ingin beribadah. Suhu udara dipuncak tidak tetlalu dingin, sekitar 18 derajat, tapi angin nya lumayan kencang. Biasanya wisatawan menunggu matahari terbit di puncak gunung yang memilik tinggi 2285 meter ini.

Untuk perjalanan turun, anda bisa kembali naik Onta dengan tarif USD 30. Tapi buat cowok, saran saya turun jalan kaki saja. Sumpah sakit banget naik Onta pas turun gunung.. saya cuma tahan 15 menit diatas Onta.. setelah itu memilih turun jalan kaki.. lebih cepat dan bebas rasa nyeri.. πŸ˜‚

Foto2 lain dan cerita lengkap bisa dibaca juga di: http://wp.me/p87qVT-2hv

#BIInfo #BIMesir #BISinai #BIEgypt

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/