Menemukan makam tua ini saat sedang bersepeda melewati Jalan Sultan Ahmad Shah, dulunya bernama Northam Road. Saat masuk, tak ada siapapun terlihat. I love it here because it’s so quiet.

Northam Road Protestant Cemetery merupakan pemakaman protestan tertua di Penang, dibangun pada tahun 1786 dan digunakan satu tahun kemudian. Francis Light, orang Inggris yang berpengaruh di Penang juga dimakamkan di sini. Pemakaman ini berhenti menerima jenazah pada abad 18. Cornelia Josephine Van Someren menjadi orang terakhir yang dimakamkan di sini pada tahun 1892.

Satu hal menarik yang bisa diamati dari pemakaman ini adalah rata – rata penghuninya meninggal pada usia muda, cukup memberi gambaran kerasnya kehidupan di masa itu, termasuk serangan wabah malaria yang melanda Penang.

Karena pemakaman protestan Penang dipindahkan ke Western Road, praktis makam ini jadi tak terurus. Konon sebelum direstorasi, Northam Cemetery jadi tempat favorit para pemadat untuk bersembunyi.

Baru pada tahun 2012, Northam Road Protestant Cemetery dibersihkan dan dapat dikunjungi kembali. Definitely a hidden gem in the heart of Georgetown

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/