Menyusuri beberapa kota di Eropa dengan bus Flixbus

Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman saat menelusuri beberapa kota di Eropa dengan armada bus berjadwal Flixbus.

Flixbus adalah perusahaan jasa transportasi berjadwal yang menawarkan layanan bus antarkota ke seluruh Eropa.

Mengapa kami memilih armada bus Flixbus ada beberapa alasan sebagai berikut :
1. Merupakan armada bus terjadwal dengan jangkauan lumayan luas di daratan Eropa.
2. Memiliki armada bus dengan jadwal perjalanan malam sehingga bisa menghemat biaya akomodasi hotel
3. Menyediakan situs reservasi online yang sangat mudah dan sederhana serta bisa diakses melalui smartphone dan personal computer.
4. Bagi yang pesan tiket jauh hari, bisa mendapatkan harga promo yang lumayan miring.
5. Harga tiket bus flixbus relatif lebih murah dibandingkan dengan kereta api.
6. Lokasi naik dan turun bus flixbus ini umumnya di tengah kota dan dekat dengan stasiun kereta api atau stasiun metro subway.
7. Tiket yang sudah dibeli bisa dengan mudah di tukar, baik untuk jadwal waktu keberangkatan maupun kota destinasi melalui situs reservasi online tanpa kena pinalti.
8. Tiketnya berupa tiket elektronik dengan barcode yang akan dikirimkan via email setelah pembayaran dilakukan, tinggal kita print dan tunjukan ke sopir bus saat akan naik ke bus.
9. Bus Jerman sudah terkenal kualitas, jaminan mutu dan kursi duduk yang ergonomis.

Dalam rencana jalan-jalan ke Eropa kali ini kami akan menggunakan flixbus untuk rute Paris – Rotterdam (bis malam), Eindhoven – Strassbourg (bis malam), Colmar – Zurich, Zurich – Munich, Munich – Innsbruck.

Pemesanan tiket online melalui alamat situs ini https://shop.flixbus.com/?_ga=2.6664246.549012993.1501737480-1725062355.1501737480 ,sobat BI cukup memilih kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang yang akan bepergian, begitu click tombol search nanti akan muncul daftar jam keberangkatan berikut total harga yang harus dibayarkan untuk semua penumpang.

Tinggal pilih jadwal keberangkatan dan total harga yang diinginkan, selesaikan pembayaran, nanti tiket akan dikirimkan ke email sobat BI.

Jangan lupa di print dan disimpan ya…, tiket ini nantinya akan berguna saat boarding ke bus saat keberangkatan.

Satu hal penting lagi adalah selalu memperhatikan jadwal keberangkatan dan alamat/titik lokasi keberangkatan bus flixbus, karena seringkali titik keberangkatan bus ada di pinggir jalan dengan tanda marking flix bus.

Untuk jadwal, lokasi keberangkatan dan lokasi kedatangan bus di kota tujuan bisa dilihat di alamat situs ini https://www.flixbus.com/bus-schedule-bus-stop.

Usahakan sobat BI memiliki cadangan waktu yang cukup untuk mencari lokasi atau titik keberangkatan bus flixbus agar tidak terlambat dengan jadwal keberangkatan busnya.

Sebaiknya bila memungkinkan pesan tiket jauh-jauh hari agar mendapatkan tiket promo yang lumayan miring.

Sebelum memesan tiket ada baiknya untuk melihat rute-rute kota mana saja yang dijangkau oleh armada perusahaan flixbus ini, untuk route map bisa dilihat di alamat situs berikut ini https://www.flixbus.com/bus-routes?&_ga=2.5717047.549012993.1501737480-1725062355.1501737480#/map.

Salah satu fitur andalan dari situs pemesanan booking tiket online flixbus adalah proses di menu cancel & change berikut ini https://shop.flixbus.com/rebooking/login, dengan proses cancel & change ini sobat BI dapat mengubah jadwal perjalanan (siang, malam, pagi, ataupun tanggal) dan rute keberangkatan – tujuan tanpa kena penalti fee berkali-kali.

Saat proses cancel & change ini, sobat BI cukup memasukan kode booking tiket yang akan diubah dan alamat email yang nantinya akan menjadi tujuan pengiriman kode voucher refund. Kode voucher refund ini nilai nominalnya sebesar nilai tiket yang akan diubah dan bisa dipakai untuk membayar transaksi tiket baru.

Dari kelima rute yang kami naiki di atas, hanya satu rute Eindhoven – Strassbourg yang terlambat kedatangan busnya, sedangkan untuk ke empat rute lainnya tepat waktu baik kedatangan maupun saat tiba di tempat tujuan.

Dari kelima rute tersebut ada tiga rute yang direct route tanpa transit yaitu Colmar – Zurich, Zurich – Munich, Munich – Innsbruck, sedangkan dua rute lainnya yaitu Paris – Rotterdam (bis malam), Eindhoven – Strassbourg (bis malam) merupakan rute transit sehingga kami harus ganti bis di kota transit yang telah ditentukan. Untuk rute Paris – Rotterdam, kota transitnya adalah Brussel Belgia, dan rute Eindhoven – Strassbourg kota transitnya adalah Dusseldorf Jerman. Saat transit, semua koper dan bawaan harus dibawa turun dan dipindahkan sendiri ke bus tujuan yang telah ditentukan.

Lama waktu transit bervariasi antara 30 menit sampai 3 jam. Saat menuju kota transit ini, bagi sobat BI yang kebetulan pengin ke kamar kecil atau toilet sebaiknya dilakukan di toilet bus sebelum transit, karena urusan mencari toilet di tempat transit ini gampang-gampang susah.

Hal ini pernah kami alami saat transit di Brussel pada jam 04.30, kebetulan tempat transitnya stasiun kereta api Brussel Gare du Nord yang cukup besar. Ternyata semua toilet yang ada di stasiun tersebut baru beroperasi jam 07.00, gerai waralaba yang biasanya jadi andalan kami untuk numpang toilet pun belum pada buka. Terbayang khan betapa sulitnya situasi kami saat itu ๐Ÿ™

Sebaiknya datang lebih awal dan siapkan tiket berikut passport saat akan menjalani proses boarding agar bisa memilih tempat duduk favorit. Semua penumpang flixbus bebas memilih kursi yang kosong karena di tiket tidak dicantumkan nomor kursi. Sebagian besar bis malam “overnight”, bis jarak jauh, atau bis dengan rute gemuk umumnya menggunakan bis tingkat atau double decker.

Posisi tempat duduk terdepan dan berada di deck lantai dua merupakan tempat duduk favorit karena penumpang bisa dengan leluasa melihat pemandangan luar selama perjalanan. Kondisi kabin penumpang bis flixbus cukup bersih, rapi dan modern. Tempat duduk nyaman, bisa disandarkan ‘reclyning seat’, ergonomis dan jarak antar kursi cukup lega bagi ukuran orang dewasa Indonesia membuat bepergian jarak jauh terasa menyenangkan.

Setelan air conditioning pas dan maknyes membuat nyaman suasana selama perjalanan. Toilet bus juga cukup bersih.

Style atau gaya mengemudi driver-driver-nya cukup halus dan nyaman menjadikan perjalanan panjang terasa memuaskan.
Sayang kami belum sempat mencoba fasilitas free wifi on board-nya sehingga tidak bisa memberikan review akan fasilitas ini.

Ough ya…, selama perjalanan kita dilarang membawa makanan dari kedai waralaba terkenal, mungkin karena aroma nya atau alasan lain. Larangan itu sempat saya lihat dan baca di tempelan selebaran di kabin salah satu bis flixbus.

Bila sobat BI ingin jalan-jalan ke Eropa dan ingin mencoba sensasi bis double decker Jerman, armada flixbus bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat. #BIflixbus, #BIEropa

Untuk cerita lengkap dan pengalaman trip kali ini bisa mengunjungi ke blog travel saya di www.senangjalan.com

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/