Metro Paris memang juaranya pick pocket alias copet. Beware with them. Teman kami ada yg sampai 3 kali kena percobaan pencopetan, tapi krn kita sdh prepare jadi semua barang berharga kita masukkan kedalam tas pinggang ato pake rompi dengan saku dalam. Jadi gak ada satupun barang berharga yang hilang.

Tips mengenali copet di metro paris (berdasarkan pengamatan kami 3kali teman dan 1 kali suami hampir kena): biasanya mereka berkelompok 3 sampai 6 orang. Kebetulan pelaku yg mengincar kami semuanya perempuan berkulit putih. Beraksi mulai saat kami baru masuk di metro yang sdg rame. Trus kemudian berdua menggiring korban yg diincar ke arah pojok, lalu menanyakan arah yg sengaja salah, sepertinya tujuannya utk mengalihkan perhatian lalu temannya beraksi membuka tas. Aksi mereka sungguh terlatih. Namun sayangnya mereka tdk mendapat apapun dari kami krn tas luar yg kami bawa hanya berisi kertas2 dan map. Ciri lain salah satu ato 2 dr mereka membawa tas besar ato slayer yg dilebarkan utk menutupi tangan mereka.

Tips supaya tdk diincar copet: jangan membuka2 map di dalam stasiun krn jelas kelihatan banget kl orang asing. Jangan kelihatan kaya orang yg sdh bingung. Jangan membuka2 tas didalam metro. Simpan barang berharga, paspor dan uang didalam tas dalam ato tas pinggang yg dimasukkan dibaju bagian dalam. Duduklah dimetro bagian tengah jangan didepan pintu yg srg desak2kan walaupun mrk kadang beraksi jg ditengah kl rame. Hati2 dgn orang yang menyerobot masuk kedalam metro krn org perancis yg bener biasanya tertib sedangkan yang menyerobot biasanya sdh mengincar seseorang utk digiring ke pojok.

Semoga bermanfaat bagi teman2 yang ada rencana mau backpackeran ke Paris. Untuk negara eropa yang lain ada juga cuma gak separah di Paris apalagi metro yang tujuannya ke tempat belanja atau wisata seperti ke eifell atau ke museum de Louvre. #BIeropa #BIParis #BICopet #BIPickpocket

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/