MOSCOW METRO EXPERIENCES

Mengunjungi kota Moscow di Russia rasanya belum lengkap tanpa blusukan ke stasiun metronya, atau sebutan kerennya Moscow Metro Experiences. (terutama utk backpacker trip spt saya).

Haahh? Stasiun metro? Ngapain kesana? Buat yang belum tahu, stasiun metro di Moscow (dan St. Petersburg) berbeda dengan stasiun2 metro di kota2/negara2 lain (paling tidak yang pernah sy kunjungi hehehe). Masuk ke stasiun​ metro di Moscow seperti berkunjung ke istana bawah tanah, saking indahnya. Ngga heran kalo dijuluki sebagai stasiun metro terindah dan ternyaman di dunia.

Masing-masing stasiun metro memiliki gaya arsitektur dan thema yang berbeda2. Bahkan masing-masing stasiun memiliki history yang berbeda2 pula yang menjadi latar belakang pembangunannya.
Dari 194 stasiun yang ada, 44 diantaranya ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Mulai dibangun pada tahun 1935, saat ini Moscow metro memiliki 12 jalur ( ditandai dengan nomor dan warna).
Metro Moscow beroperasi setiap hari pada pukul 05.30 hingga 01.00, merupakan stasiun metro tersibuk ke lima di dunia dengan rata-rata jumlah penumpang harian mencapai 7 juta orang dengan puncaknya pada hari kerja (hingga 9 juta orang).
Moscow metro juga merupakan salah satu stasiun dengan eskalator terdalam dan terpanjang di dunia (selain metro di St. Petersburg), yaitu stasiun Park Pobedy dengan panjang eskalator 126.8 m (416 Ft) atau 740 steps dan ketinggiannya 63.4 m (208 Ft). Perlu waktu lebih dari 3 menit untuk naik atau turun menggunakan escalator escalator tersebut.
(Sumber: wikipedia dan berbagai sumber lain di google).

Untuk blusukan ke metro stasion Moscow yg cantik ini tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, hanya tinggal beli one way tiket seharga 55 rubel (sekitar Rp 14.000), bisa blusukan ke semua metro stasiun yg ada kalo mau, asal ngga keluar dari stasiun yaaa.

Tips yang perlu dipersiapkan sebelum mulai Moscow Metro Experiences :
1. Download aplikasi Moscow Metro yg menyediakan 2 bahasa (Russia dan English), hal ini untuk memudahkan dlm mencari rute, secara semua tulisan di stasiun metro semua berbahasa Russia.

2. Buat rute stasiun-stasiun yang akan dikunjungi dari awal sebelum mulai trip, biar ntar ngga usah bingung mikir2 mau kemana, abis ini mau ke stasiun mana dst, jadi waktunya bisa lebih efisien. Untuk menentukan rute nya, bisa gugling dulu stasiun mana aja yg rekomended untuk dikunjungi, atau langsung gugling cari rute yg direkomendasikan. Bisa juga nyontek rute saya dibawah ini (hasil nyontek dari gugel dimodifikasi sendiri).

3. Rencanakan trip nya pada saat stasiun relatif sepi. Mengingat Moscow metro merupakan salah satu stasiun metro tersibuk di dunia, cari waktu yang kira2 agak sepi, seperti pagi banget sebelum orang berangkat kantor, atau malam hari setelah orang pulang kantor. Atau pas hari libur (bujan hari kerja). Males kan kalau sdh capek2 keliling metro selalu penuh orang sehingga ngga bisa leluasa ambil foto. Saya kemarin kebetulan trip nya pas banget hari minggu, mulai sekitar jam 8 malam sampai jam 11 malam.

4. Kalopun suasana stasiun ngga benar2 sepi, trik pengambilan foto sbb: stand by di suatu tempat (biasanya ada foto point) trus tunggu. Biasanya ketika ada kereta berhenti suasana langsung rame penuh dengan orang2 yang baru keluar dari kereta, tunggu semua orang pergi, kemudian suasana akan menjadi sepi beberapa detik (nggak sampe semenit). Nah ini saatnya utk mengambil foto cekrak-cekrek, karena menit berikutnya akan ada lagi kereta berhenti, ramai lagi dst.

5. Persiapan fisik. Ini penting biar ngga gempor. Badan kita harus dalam kondisi sehat dan fit (makan dulu, kalo perlu minum vitamin). Secara akan naik turun metro, pindah jalur, naik turun eskalator/tangga, dsb. Bawa bekal minum (klo perlu bawa snack/buah), karena di dalam stasiun ngga ada yang jualan. Pakai baju yang nyaman sesuai musim disana tentunya, dan jangan bawa banyak barang (seperti saya kmrn bawa barang belanjaan, jadi capek dan rempong nenteng sana sini).

Berikut ini Rute trip Moscow metro saya kemaren :
Start dari jalur biru tua (blue line) :
1. Elektrozavodskaya
2. Ploschad Revolyutsii
3. Arbatskaya
4. Kiyevskaya (ada 3 line di Kiyesvskaya, blue line, light blue line, circle/brown line, dan ketiga-tiganya kami kunjungi karena semua keren).
Pindah jalur ke Circle Line (Brown Line) :
5. Krasnopresnenskaya
6. Belorusskaya
7. Novoslobodskaya
8. Prospekt Mira
9. Komsomolskaya

Seharusnya kalau sesuai rute yg kami contek lanjut ke Jalur hijau (green line) mengunjungi : Stadiun Novokuznetskaya dan Mayakovskaya (yg ini keren banget, nyesel ngga jadi kesana). Tapi karena sdh malem banget dan sudah ngga kuat lagi alias gempor, kami menyudahi trip metro dengan mengambil jalur merah, turun di stasiun Okhotny Riad utk pulang menuju hostel.

Rute diatas hanya mengunjungi sebagian kecil dari stasiun metro Moscow yg keren-keren. Namun sebagian besar yang saya kunjungi tsb masuk dalam top ten stasiun metro terindah. Tentunya masih banyak sekali stasiun2 keren lain tang tidak sempat kami kunjungi. Kalo teman2 punya waktu yang lebih banyak bisa dibuat 2 atau 3 hari trip (pas malem/paginya aja), buat muterin lebih banyak stasiun lagi.

Semoga bermanfaat …

#BIMOSCOW #BIRUSSIA #BIRUSIA #BIMOSCOWMETRO #BITIPS #BIINFO

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/