Pegunungan Bersalju Ini Ada di India, Kawan

Akhirnya impian masa kecil tercapai juga (main salju) dengan budget yang jauh lebih kecil dibanding ke negara subtropis dan visa yang jauh lebih mudah daripada schengen atau US.

Welcome to Gulmarg, Kashmir, India. Tempatnya luar biasa indah sampai ada istilah Kashmir adalah hadiah pemberian dari tuhan.

Bagaimana caranya untuk sampai sini? Let’s begin ya. Karena saya solo traveler jadi kemana-mana naik public transport jadi bagi yang rombongan mungkin bisa patungan sewa mobil atau dengan cara lain.

1 Rupee (Rs) = 200 Rupiah biar gampang

*KL-New Delhi :

Air Asia 1.7jt (one way) karena pesawatnya nyampenya malam jam 10an schedule nya jadi saya nginap di rumah teman dulu di gurgaon.

*New Delhi-Srinagar : spiceJet/Indigo 1jt (one way)

*Srinagar airport – Dal Lake (house boat): public bus 70 Rs

*Nginap semalam di house boat 300 Rs (booking via hostelworld atau booking.com) ini versi murahnya cottage…kalau sewa full house boat minimal 2.000 Rs per malam

*Dal Lake – Batmaloo: public bus 10 Rs
*Batmaloo – Tangmarg : jeep sharing 70 Rs
*Tangmarg – Gulmarg : jeep sharing 40 Rs

Perjalanan ditempuh kurang lebih 2jam 30 menit.

Pas sampai sini bakal diserbu dengan banyak penawaran dari tourist guide dan pemilik kuda yang menawarkan jasanya…karena sendiri dan biasa jalan ya jalan kaki aja (2 km) menuju Gulmarg Gondola. hitung2 sambil menikmati pemandangan yang subhanallah indah nya. Kalau mau naik kuda menuju tempat penginapan bisa di harga 400-600 Rs kalau malas jalan.

Disini rata2 yg ada resorts dengan rate min 10.000 Rs, beruntung nemu Raja Hut home stay dengan rate 1.500 Rs dengan fasilitas seadanya. Bisa di booking via Airbnb .

Abis naruh barang dan istirahat sejenak saya trekking nik ke atas menyusuri sungai dan persis kayak di scene film2 hollywood..pinus, salju, air gemericik, burung2 liar…kereen lah. Sekitar 3 jam saya menghabiskan waktu di hutan dan kembali ke penginapan.

Keesokan harinya siap2 untuk naik Gulmarg Gondola/cable car. Gondola disini adalah salah satu yang tertinggi didunia. Mending pagi2 udah ngantri deh (jam 8an) soalnya rebutan sama tourist guide yang klo beli bisa segepok tiketnya.

Ada 2 phase :

Phase 1: 700Rs
Phase 2: 700 Rs+ 900 Rs (total 1.600 Rs)

Saran saya ambil sampai phase 2 karena foto2 di bawah ini diambil di phase 2.

Phase 1 bisa buat belajar ski (300 Rs) bakal diajarin sama main sepuasnya. Treknya tidak terlalu curam. Dan main ski itu ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bahkan menyenangkan !

Bagi yang suka trekking naik gunung, disini speechless indahnya. Bakal nyebut terus saking kagum dengan landscapenya

Julukannya aja Swiss of Asia, ngapain ke europe kalau bisa sampe sini dengan biaya jauh lebih murah dan mudah visanya??

Cc Okky Miraza, Yosi Kamiano, Eko Agus, Linda Sinulingga, Maya Sartika

#BISrinagar #BIKashmir #BIGulmarg #BIIndia

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/