PEMAKAIAN/PENGGUNAAN HASTAG/TANDA PAGARπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

#BIINFO

Saya mengangkat masalah hastag karena masih banyak dari member yang bingung akan maksud dan penggunaan hastag. Hastag yang saya bahas adalah dalam lingkup grup Backpacker International.
Hastag sendiri sebenarnya akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang kita butuhkan, karena dengan menggunakan hastag yang sama untuk postingan yang memuat tema bahasan yang sama akan secara otomatis terkelompok menjadi satu. Oleh sebab itu dihimbau bagi seluruh member untuk mencantumkan hastag yang sesuai dengan isi bahasan sebelum posting di grup, sekali lagi tujuannya untuk mempermudah kita semua.

Contoh pada tulisan ini setelah judul saya tulis #BIINFO, maksudnya : karena kita berada dalam grup Backpacker International (BI) maka awal setelah tanda pagar adalah BI (singkatan nama grup) dan kata INFO, yang maksudnya informasi umum. Jadi apabila kamu ingin membagikan/mencari informasi umum di grup BI, yg kamu cantumkan saat akan memposting adalah #BIINFO dan saat mencari informasi di grup kamu tuliskan BIINFO di bagian “SEARCH” (ditandai dgn gambar kaca pembesar)

Sekarang kita lihat pada ketiga gambar yang saya lampirkan dibawah ini.
Pada gambar pertama, ada dua bagian, yang atas adalah laman muka dari grup BI sedangkan bagian bawah adalah laman akun fb saya. Keduanya memiliki box search dibagian atas, apabila kamu ingin mencari informasi di grup BI, maka yang harus kamu lakukan adalah masuk ke grup terlebih dahulu, baru menuliskan yang ingin kamu cari di bagian search dan bukan bagian search yg terdapat di akun fb mu.
Di laman muka grup bisa dilihat ada dua tanda SEARCH, bagian paling atas dan diantara add member dan info. Untuk yang kedua tergantung versi fb nya, fb versi lama tidak ada tanda kaca pembesar diantara add member dan search, kalau mau ya mesti update dulu aplikasi fb nya dgn versi terbaru. Apa beda keduanya?
Untuk SEARCH dibagian atas, apabila kamu menuliskan apa yg kamu cari, maka kamu masih harus memilih di ALL facebook atau in group. Pilih yang in group baru klik enter. Sedangkan untuk tombol search diantara add member dan info, itu langsung mencari di dalam grup yg sedang kamu buka (kalau kamu join lebih dari satu maka hasil yg keluar adalah dari grup yg sedang kamu buka).

Pada gambar kedua, saya mencontohkan apabila kita ingin mencari informasi tentang hostel. Kalau kamu menulis BIHOSTEL maka hasil yang keluar adalah segala postingan yang berkaitan tentang hostel, TETAPI apabila kamu hanya mencantumkan kata hostel tanpa awalan BI, maka hasil yang keluar adalah seluruh postingan yang memuat KATA HOSTEL baik itu khusus membahas hostel atau hal lain.

Pada gambar ketiga apabila kamu ingin mengetahui ulasan apa saja yang diposting seseorang di grup maka kamu bisa menuliskan nama lengkapnya di bagian search dan hasilnya seluruh postingan nya akan keluar.

Saya pribadi selalu mencantumkan hastag disetiap postingan saya sesuai dgn tema bahasan, dibawah ini adalah berbagai hastag yg saya gunakan untuk postingan saya :

#BIINFO informasi umum
#BIHOSTEL hostel
#BIHOTEL hotel
#BIAIRPORT airport
#BIFOOD kuliner
#BITICKET tiket
#BITRANSPORT transportasi
#BITRANSIT transit /layover
#BIFREETOUR Free tour
#BIMAP peta
#BIHALAL halal
#BIZOO kebun binatang
#BIVISA visa
#BIPLANE pesawat
#BIMRT mrt
#BISHOP belanja

Untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan negara/kota maka penulisannya adalah tanda pagar BI nama negara/kota contoh:
#BIJAPAN #BIOSAKA #BIUK #BIUSA #BINYC dsb…

Semoga uraian saya diatas yang sangat singkat, bisa membantu teman-teman semua dan mari kita mulai membudayakan penggunaan hastag saat posting. Tentu saja tulisan ini tidak lepas dari kekurangan karena keterbatasan ilmu dan daya ingat saya, jadi yg ingin menambahkan silahkan saja.

Semoga bermanfaat πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/