PERSIAPAN KEMBALI KE JAPAN..
SELALU INI YANG HARUS DISIAPKAN AGAR MEMUDAHKAN.
#BIJapan

Nah teman teman, tidak bosan bosannya saya berbagi mengenai persiapan final jelang terbang ke Japan. Ini hanya sebagai reminder, namun ini penting dan sangat bermanfaat untuk melancarkan kita dalam proses Imigrasi di bandara ketibaan di Japan.

1. KOPER
Usahakan koper sesuai dengan ukuran yang ditentukan oleh maskapai yang akan kita naikki, baik ukuran dan berat masing masing koper serta total berat per orang setiap maskapai berbeda, karena besok saya naik Cathay Pacific, maka saya mendapat jatah bagasi 30 kg, baju saya masukan ke dalam koper Cabin, dan koper cabin saya masukan ke dalam koper ukuran M saya. Ini berguna agar saat kembali saya tidak ribet dengan terlalu berat beban koper. Bisa Juga Koper cabin dihilangkan dan diganti dengan Koper ukuram M dua duanya. Peraturan Maskapai international adalah, batas biologis beban yang bisa diangkat manusia adalah 30 Kg, namun hampir semua maskapai membatasi setiap koper masksimal 23 kg.

2. DOKUMEN PERJALANAN.

Selain PAssport yang wajib, Semua dokumen saya print, ini sangat berguna dan wajib print menjaga agar :

1. Saat mengisi Embarkasi card kita mudah menconteknya.
2. Saat kena random check dengan mudah menunjukkan kesiapan kita akan berwisata ke Japan, walau nggak setiap wisatawan kena random.
3. Memudahkan kita saat mencari alamat hotel atau apartment dengan memperlihatkan voucher dll kepada sesorang yang akan ditanya oleh kita.

Yang saya print adalah:
1. Tiket PP Airline.
2. Voucher Hotel
3. Voucher Air bnb berupa email dr host
4. Fisik dari voucher JR Pass
5. Fisik dari Ticket Disney ataupun Ticket Theme park lainnya.
6. Ticket bus, Kanazawa Shirakawago PP

3, IC CARD

Khusus IC Card saya jarang mempergunakannya selain saya selalu menggunakan JR Pass juga saya lbh suka menggunakan day pass, bikin bokek pakai IC Card, ini hanya buat jaga jaga saja, misal saat mau sewa locker ternyata kita ra ono receh bisa pakai IC Card atau mau belanja cantik tanpa mengeluarkan uang di mesin vending makanan/minuman dan convinient store. Tapi buat transport saya tdk menggunakannya.

4. UANG CASH

Saya membawa sejumlah uang cash yang masuk akal untuk mengcover bberapa hari perjalann saya. Sebenarnya bisa saja menarik dari ATM atau menggunakan Debet card atau CC, namun cash dibutuhkan dengan jumlah masuk akal, ini sangat rentan bila saat kena random ditanya berapa uang yang dibawa, kita harus memperlihatkannya, walau kita membawa CC dll, uang cash lebih dipercaya oleh petugas imigrasi.

5. COLOKAN TYPE A (BULAT KE GEPENG PIPIH)

Nah Hub atau sambungan colokan adalah penting saat di Japan, karena Japan menganut colokan listrik Typa A dengan tegangan 110V. Soo colokan listrik di Indonesia yang biasa Bulat, hrs disambung dengan colokan keluaran Pipih. Untuk tegangan, semua alat listrik dari kawsan 220V dapat langsung dipergunakan di kawasan dengan tegangan 110V. Akan sangat lambat bahkan tidak bisa bila alat listrik dari 220V yg bersifat mengubah energi : Dari Dingin ke panas atau sebaliknya, misal catokan rambut dari indonesia dengan tegangn 220V dipakai di Japan maka akan hangat saja, begitupun Rice Cooker, akan hangat saja. Namuh Charging HP, Computer dll bisa.

6. KAMUS PERCAKAPAN SEHARI HARI

Berhubung bahasa Japan saya masih terbatas belum mendalam ke dalam bahasa Cinta, maka saya selalu membawa kamus kecil percakapan ringan sehari hari terutama untuk bertanya kemana… berapa… ini apa.. itu apa.. dll.. Lumayan bisa membantu juga dan its fun.

Dan terakhir tersenyum, karena kita akan segera terbang ke negara impian.. Japan. Sooo Persiapkan semuanya dengan senang dan lengkap.. Ikimasyou

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/