Selamat pagi, gara – gara liat postingan soal Penang, saya jadi pengen sedikit share pengalaman saya saat kesana beberapa bulan lalu. Kita mulai dari transportasi dan penginapan dulu yaaa

#BIPenang #BIGeorgetownPenang #BIMalaysia

TRANSPORTASI

Dari Kuala Lumpur menuju Penang bisa dengan menggunakan beberapa moda transportasi. Kalau mau cepet tentu saja naik pesawat, kadang sering ada promo murah KUL – PEN.

Jika jadwal tak terlalu ketat bisa naik bus dari Terminal Bersepadu Selatan tujuan Butterworth. Durasi perjalanan 5 – 6 jam, harga tiket mulai dari RM 33 (contoh jadwal: http://www.easybook.com/id-id/bus/booking/tbsterminalbersepaduselatan-to-butterworth). Tak perlu memesan online karena banyak sekali bus yang beroperasi, tapi kalau mau aman ya boleh lah.

Bisa juga naik kereta ETS dari KL Sentral tujuan Butterworth (jadwal terbaru : https://www.train36.com/ets-kuala-lumpur-to-butterworth-schedule.html). Durasi perjalanan 4 jam, harga tiket RM 59 – RM 79

Butterworth merupakan pelabuhan yang menghubungkan Malaysia daratan ke Georgetown, Penang. Di sana terdapat stasiun kereta dan terminal yang melayani bermacam tujuan baik Malaysia maupun Thailand. Setelah tiba di stasiun atau terminalnya, ikuti saja petunjuk menuju Ferry yang akan ke Georgetown, Penang. Ferry pertama pukul 05.20 pagi, terakhir pukul 00.40. Tarif : RM 1.20. Anak – anak
(antara 5-12 tahun) : RM 0.60, baliknya gratis.

Nah, setelah keluar dari Ferry, ikuti petunjuk keluar pelabuhan menuju terminal bus Weld Quay, ada Rapid Penang CAT Shuttle Bus gratis menuju ke Komtar, tanyakan saja pada pakcik bus mana yang gratis. Jurusan lain dengan bus silakan cek rute Rapid Penang ini http://www.rapidpg.com.my/journey-planner/route-maps/. Untuk berkeliling bisa juga menyewa sepeda seharga RM 10 mulai pagi hingga pukul 20.00.

Penginapan

Banyak sekali penginapan yang bisa dipilih, balik lagi ke budget dan kebutuhan. Solo traveler? Keluarga dengan anak kecil atau orang tua? Grup? Hampir semuanya tersedia di Penang. Jika ingin eksplore area Georgetown saya sarankan pilih area Weld Quay, Armenian Street, Chulia Street maupun Komtar.Kalau mau ke deket – deket pantai bisa pilih area Batu Ferringhi. Oh iya, karena banyak bangunan tua yang kembali direstorasi dan dijadikan hotel, kadang mereka mengutip RM 2 untuk biaya pelestarian bangunan bersejarah. Nggak semuanya sih tapi siap – siap saja. Nah karena saya pergi sebelum September 2017, kok sekarang kabarnya ada pajak wisata RM 10/kamar? Udah include saat kita memesan kamar atau akan dikutip saat di resepsionis ya? Mungkin ada yang bisa konfirmasi?

Okay, back to work sebentar ya, jam makan siang saya akan share beberapa spot yang layak dikunjungi di Penang.

Thank you 🙂

Pesan tiket bus online dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan) ke Butterworth hanya di Easybook Indonesia. Kunjungi sekarang untuk melihat harga, jadwal, dan operator serta fasilitasnya.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/