Phuket 4D3N 2,5 Juta

#BIPHUKET #BITHAILAND

Saya senang sekali dengan laut, selain Bali, Phuket ini salah satu yang sering saya kunjungi, entah kenapa pulau ini sering buat saya kangen untuk kembali. Saya lebih memilih untuk Island hopping daripada mengeksplorasi kota phuket. Bagi yang sudah sering baca tulisan saya, sedikit banyak mengerti besaran dana yg saya pakai untuk apa saja, bagi yg kali ini baru pertama kali membaca ulasan perjalanan saya, dana 2,5 juta itu termasuk pesawat pp, hostel, dua kali Island hopping dan transportasi. Kok bisa? ya kalau dapat tiket murah dan hostel murah, bisa saja. Motto saya kalau ga dapat tiket murah ga pergi jalan-jalan hhhhhhhh.

Sesampainya di bandara phuket biasanya setelah selesai dengan urusan imigrasi, saya menukar uang pecahan kecil di money changer bandara dan mengambil free simcard yg counter nya ga jauh dari tempat brosur2 wisata. Setelah itu baru keluar untuk menuju area patong dimana saya biasa menginap. Untuk menuju patong ada 3 alternatif pilihan transportasi, bus, taxi atau angkot (sebutan saya). Bus adalah moda transportasi yg paling murah tapi tidak langsung menuju patong, tapi ke phuket town, dari phuket town ke patong harus melanjutkan dengan moda transportasi lainnya. Taxi jelas yg paling mahal sekitar 700-800baht sekali jalan tapi nyaman, kl yg datang rame2 mending naik taxi saweran. Sedangkan untuk angkot (L300), berada di kisaran harga 180baht, jalannya nunggu penuh dulu dan diantar sampai depan hotel, diantarnya berdasarkan urutan hotel di area terdekat. Angkot ini akan mampir dulu ke suatu agen travel, mereka akan menawarkan paket2 wisata yg dari segi harga mahal, tolak saja secara halus atau bilang kalian sudah Booking online dengan agen wisata lain. Dengan menggunakan angkot otomatis jarak tempuh jadi lebih lama, apalagi kalau jalan macet. Kalau saya biasanya menggunakan taxi apabila pesawat tiba malam hari dan dengan angkot kalau tiba pagi/siang hari. Kenapa saya pilih patong? , daerah ini pusat turis, pusat keramaian, terletak didepan pantai patong, selain banyak terdapat hotel dan restoran, banyak juga agen travel, toko souvenir, mini market bahkan mall, kantor polisi dan rumah sakit. Akses ke mana-mana mudah. Bangla road yg terkenal dengan hiburan malam nya terletak di tengah-tengah patong, dgn ujung yg satu mengarah ke pantai patong dan ujung yg lain mengarah ke mall Jungceylon.
Saya menginap tidak jauh dari pantai dan Bangla road, hanya 3 menit jalan kaki sudah sampai di pantai patong. Pantai patong tidak terlalu istimewa, siang hari biasanya ramai turis berjemur, ada beberapa kegiatan air yg bisa dilakukan disini. Kalau saya lebih memilih Island hopping.

Phuket sendiri dikelilingi oleh banyak pulau2 cantik, yang terkenal di antaranya James Bond Island dan Maya Bay. Kalau mengambil paket Island hopping ke pangga Bay biasanya mampir ke James Bond Island, salah satu dari 10 pulau yg disinggahi. Kalau ambil paket phi phi bisa mampir ke maya bay tempat shooting film the beach Leonardo Dicaprio. Paket Island hopping ini harganya tentu berbeda-beda bergantung pada tujuan dan jenis kapal. Ada long tail boat, big boat, dan fast boat. Saya selalu ambil yg fast boat. Tujuan Island hopping sendiri juga banyak, tidak hanya phi phi, pangga bay, ada krabi, koh samui , similan , raya, coral dll. Hampir semua agen wisata yg bertebaran di seluruh area patong menyediakan penawaran Island hopping, selain city tour, nonton kabaret dll. Biasanya paket Island hopping sudah termasuk makan siang, air mineral, buah segar, jaket keselamatan, snorkel & fin dan kayaking . Island hopping ini one day trip, pagi 2 akan dijemput di hotel dan diantar kembali saat malam. Penjemputan dan pengantaran di urut sesuai hotel terdekat, dan diantar ke dermaga untuk kemudian bergabung dengan wisatawan lainnya untuk mendapatkan pengarahan dari tour leader sebelum berangkat. Yang gampang mabuk jgn lupa minum anti mabuk ya. Untuk makanan biasanya prasmanan dan halal, tapi untuk jelasnya tanyakan pada agen sebelum memesan paketnya.

Bangla road lebih hidup di malam hari, sepanjang jalan di dominasi oleh bar dan klub malam, ladyboy dengan pakaian sexy jadi pemandangan yg biasa tiap hari.
Mall Jungceylon menyediakan banyak pilihan menu, cari makan yg halal jg ada disini, di sekitar mall ini selain banyak resto dan toko suvenir jg ada money changer, ada yg terima rupiah juga. Tidak jauh juga terdapat pasar phuket dan Hard Rock Cafe serta hooter Cafe. Bagi yg suka belanja, belanja nya jgn di patong tapi di phuket town, selain lebih murah bisa nawar pula.

Bagi yang tidak suka Island hopping bisa mencoba city tour, nonton kabaret, ambil kursus masak, atau sewa motor untuk keliling phuket.

Sekian dulu ulasan dari saya, semoga infonya bermanfaat bagi yg mau berkunjung ke phuket. Terima kasih sudah membaca tulisan saya sampai akhir.
HAPPY traveling ^___________^

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/