Poster seperti ini banyak ditempel di pintu masuk Petra. Menurut saya pemerintah dan pengelola pariwisata Petra cukup baik memajang peringatan seperti ini.

Sebab sepanjang menyusuri jalan di kompleks Petra memang ada banyak sekali anak-anak kecil berjualan suvenir di saat mereka seharusnya sekolah. Juga ada banyak sekali keledai, kuda dan onta kelelahan akibat memanggul penumpang yang jumlahnya terlalu banyak atau ukuran tubuhnya di luar kapasitas yang sanggup dibawa hewan tersebut.

Kita sebagai turislah yang bertanggung jawab untuk mengambil keputusan sebelum membeli barang dan jasa di Petra. Kalau lelah berjalan kaki, bisa beristirahat sebentar. Kalaupun mau menunggang hewan, pilihlah yang kelihatan kuat dan masih segar. Jangan pilih hewan yang berbadan kecil atau terlihat lelah untuk ditunggangi.

*) note: harga menunggang keledai, onta dan kuda bervariasi tergantung jarak yang ditempuh dan berapa banyak penumpang yang diangkut. Kisaran harga sekitar 5 – 20 JOD. Pemilik hewan juga menerima pembayaran dalam mata uang USD.

#BDJordan #BDPetra #BDsharing

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/