Review hotel di daerah Sultanahmet, Istanbul dan perlukah membawa uang Lira?

Dear teman-teman, saya ingin mereview hotel yang saya tempati di Istanbul minggu lalu. Namanya Azade Suite Hotel di daerah Sultanahmet. Saya booking lewat aplikasi booking.com.

Saya suka hotel ini karena lokasinya dekat sekali dengan komplek Blue Mosque, Hagia Sophia atau Topkapi.
Selain itu kamarnya luas, terdiri dari foyer, living room dengan sofa dan tv, kamar tidur dan tv lagi (jadi ada 2 tv) dan kamar mandi (bathtub). Kamarnya bersih, petugasnya ramah dan helpful sekali.
Di sekitar hotel banyak toko souvenir, gift dan berbagai oleh2 khas Turki. Ada turkish delight dan baklava juga. Dan ada kafe2 cantik di sepanjang jalan.
Yang paling ok dari hotel ini adalah tempat breakfastnya. Breakfast disediakan di rooftop hotel sebelahnya namanya Azade Premiere Hotel, mereka 1 grup hotel. Pemandangannya cantik banget disini. Dari sisi kiri kita bisa melihat Laut Marmara, dan dari sisi kanan terlihat Blue Mosque yang cantik, pokoknya bikin betah banget sarapan disini.
Managernya juga baik banget memperbolehkan saya early check in jam 9 pagi padahal seharusnya jam 1 siang.
Hari kedua, karena flight kami masih jam 2 dini hari, jadi sambil check out kami juga diperbolehkan menitipkan koper dan tas di receptionisnya, kemudian kami melanjutkan jalan2 keliling Istanbul lagi seharian dan kembali ke hotel malam harinya untuk mengambil tas dan lanjut ke bandara.
Malam sebelumnya, petugas hotel menawarkan mobil van untuk mengantar kami ke bandara Attaturk dengan harga 70 lira untuk 2 orang dan kami langsung setuju. Van-nya ternyata yang memiliki 12 seat, jadi lega dan nyaman sekali untuk mengantar kami dan koper-koper. Harga ini cukup murah karena saat kami tanya ke taxi di sekitar hotel harganya juga 70 lira untuk ke bandara.
Harga hotel ini saat itu 48 euro per malam.
Oh ya tips dari saya saat ke Istanbul tidak perlu membeli Lira di Indonesia. Cukup membawa Dollar atau Euro dalam jumlah tertentu, atau kalau terpaksa, lebih baik mengambil uang di ATM karena masih jauh lebih murah daripada beli Lira di Indonesia.
Contohnya saya kemarin seharusnya membayar hotel 48 euro atau sekitar 690 ribu rupiah, tapi karena saya
Membayar dengan lira harga room jadi 180 lira, atau kl dirupiahkan dengan kurs lira saat saya beli adalah 4400 maka harga hotel menjadi sekitar 792 ribu rupiah. Contoh lain, saya menukar 70 dollar dapat 246 lira. Kl 70 dollar itu setara 936.600 (kurs 13.380) dan seandainya saya belikan lira di Indonesia, saya hanya akan dapat 936.600/4400 =212 lira, cukup jauh kan bedanya. Saat teman mengambil lira lewat atm juga kursnya cukup bagus di bawah 4000 rupiah.

Berikut ini gambar2 kamar dan lingkungan sekitar hotel.

Semoga bermanfaat untuk yang akan ke Istanbul.

#BITurkey #BIIstanbul #BILira #BItips

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/