Salam BD,

Pengen sharing ni, tp bingung bikin subjectnya. Jadi ceritanya, bulan Februari lalu, saya ke NZ lewat DPS, transit Melbourne trus Christchurch. Saya gak beli tiket pulang, jadi cuma beli tiket one way, ternyata saya di tolak berangkat kalau tidak ada tiket keluar dari NZ. Jadi akhirnya saya beli tiket keluar dr NZ which is ke Australia ( tanggalnya sembarang ). Berangkatlah saya ke New Zealand. Dan akhirnya baru beli tiket NZ-CGK transit Sydney setelah saya di NZ. Tiket sembarangnya tidak terpakai.

Kepergian kali ini, saya beli tiket one way AA, CGK-DPS-MELB one way,
jet star MELB-CHC pp,
AA, MELB-KUL-CGK one way.
Nah pas saya check in jetstar di Melb, ternyata di sistemnya, terdapat info kalau saya tidak punya tiket balik ke Indonesia, jadi petugas check in butuh lihat tiket balik saya ke indonesia. Untungnya saya punya. Terus karena saya transit di Australia, jadi saya keluar dong ke citynya, ga mau rugi, tapi di layar check in Jetstar di melbourne, katanya saya ga eligible buat keluar dr airport, untungnya saya kali ini print visa transit saya. Singkat kata, semua aman sih, cuma deg2an aja ketahan gara2 hal ini. Dan saya baru inget, pas check in di JKT juga, saya sempat ditanyakan visa transit saya. Di Imigrasi malah aman2 aja.

Ada org diantrian samping saya gak bisa brangkat karena tidak punya tiket balik dr Australia ke negaranya. Denger2 sih orgnya mau lanjut backpacking ke negara lain, dan beli tiketnya nanti sembari di jalan. Sama petugas check in nya tidak diperbolehkan brngkt kalau ga ada tiket yg jelas.

Oiya, dr kmrn smpt baca2 soal bawa barang apa aja yg bole atau tidak, kalau dr pengalaman teman2, banyak banget yg berbeda2, intinya si declare aja, biar gak kena denda.. Untung2an dapat petugasnya.. Temen saya brngkt Mei kemarin, rendang package komersialnya di buang, trus ada temen yg baru pulang dr NZ awal bulan Juli, madu yg dibeli di NZ, 6 botol, lewat aja tuh di imigrasi Australia. Malah kata petugasnya tidak usah declare.

#BDInfo
#BDAus
#BDNewZealand

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/