Salam hangat teman2 BI,

Sebelumnya mohon maaf kalau thread kali ini tidak begitu nyambung dengan trip. Tapi mudah2an bermanfaat bagi teman-teman yang ingin traveling dengan kartu kredit. Kl dirasa tidak relevan dgn group ini, gpp admin hapus aja hehe..

Banyak teman-teman saya ingin traveling tetapi tidak bisa booking sendiri karena masalah kartu kredit / limitnya. Walaupun ada beberapa situs online travel agent bisa dengan cara transfer, tetap saja ada kalanya kita membutuhkan kartu kredit agar bisa booking maskapai2 yg tidak disediakan OTA. Misalnya booking tiket pesawat lokal di Eropa / USA.

Selain itu bagi traveller, kartu kredit biasanya digunakan juga untuk booking hotel maupun cicilan-cicilan. Masalahnya, kalau limit CC nya kecil / dibawah nominal yg akan kita beli maka tidak bisa menyicil. CC akan bermanfaat posifit kalau kita tahu caranya.

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang pengalaman saya “How to get a high limit of credit card”. Mungkin thread ini agak kurang nyambung dengan rute2 traveling / tiket promo, tetapi disini saya akan bagikan trik2 agar kartu kredit kita memiliki limit yang tinggi sehingga teman2 dapat mewujudkan impian traveling tanpa merepotkan orang lain..

Banyak hal di dunia ini yang jadi sangat simpel kalau kita mampu memperbaharui cara berpikir dan mengubah sudut pandang + mindset. So, sebelum itu ada beberapa point yang penting diketahui sebelum lanjut:
1. Terlepas dari masalah riba, dosa, haram, dll, thread ini tidak cocok bagi Anda yang fanatik / belum open mind.
2. Jadikan kartu kredit sebagai investor, bukan hadiah!
3. Belajar bisnis dulu, baru mainkan kartu kredit.
4. Kendalikan biaya, setiap pengeluaran harus bisa menaikkan penjualan.
5. Jangan gesek tunai.
6. Perhatikan income Anda, jangan lebih besar pengeluaran daripada income. Limit dilarang digunakan untuk konsumtif diluar kemampuan!

Ok langsung saja, cara aplikasi 99% disetujui:
1. PERSYARATAN APLIKASI KARTU KREDIT:
Syaratnya standar, yang pokok adalah KTP, slip gaji, NPWP, SIUP / TDP (bagi pengusaha). Bagi yg pertama kali apply, lebih enak sbg karyawan. Kalau pengusaha tapi belum lengkap surat2nya, jadilah karyawan di perusahaan Anda sendiri.
2. BI CHECKING + 3 KEYWORD:
Pastikan tidak ada tunggakan & tidak pernah telat bayar tagihan. Misalnya Anda apply BCA, maka BCA akan cek ke BI apakah Anda nasabah tipe penghutang yg baik / bukan ke BI. Jadi jgn pernah bohong, kalau bohong pasti langsung ditolak.
Selain itu, 3 Keyword yg sangat penting adalah no telp rumah, no telp kantor, no tlp saudara tidak serumah. Usahakan 2 dari 3 nya adalah telepon rumah, bukan HP / flexi.
3. PAHAMI CARA BANK MELAKUKAN SURVEI
Cara bank melakukan survei hanya lewat telepon. Mereka akan survei lapangan secara acak kalau mmg diperlukan / dirasa mencurigakan saja.
4. PERBAIKI PERPUTARAN UANG
Usahakan seluruh pengeluaran dan pemasukan lewat bank. Terutama BCA, bank pertama-tama akan melihat perputarannya, baru saldonya. Pastikan perputaran & saldo uang di bank Anda bagus.
5. USAHAKAN ADA SALDO MENGENDAP
Saldo mengendap mencerminkan kemampuan kita mengelola uang. Bank akan menilai juga hubungan antara mutasi dan saldonya. Misal mutasi Anda miliaran rupiah per bulan, tp saldo hanya 1kg an, bank akan menilai anda kurang bisa mengelola cashflow.
6. GUNAKAN KARTU KREDIT SECARA MASUK AKAL
Kalau CC tidak pernah digunakan sama sekali, bank menilai kita tidak butuh. Gaya hidup anda akan terlihat dari pemakaian CC jg. Jangan juga limitnya dihabiskan. Kalau pemakaian kita sekitar 40-60%, rasanya dilihatnya bagus.
7. JANGAN BIKIN BANK WAS-WAS
Ketika naikin limit, jangan keliatan kita butuh uang banget. Orang yg terlalu haus, malah ssdh disetujui. Orang yg ga gitu butuh, malah gampang disetujui. Aneh kan? tp memang itu realitanya hehe..

Trik Khusus:
– Untuk yang pertama kali apply tapi dana pas2an, pilihlah bank yang obral CC. Misalnya M*ga, H*BC, BN*.
– Untuk yang punya saldo cukup pede, apply lah di BC*.
– BC* adalah bank yang sangat mudah dapat limit asalkan kita punya saldo.
– Setelah kita punya 1 CC, akan lebih mudah mendapatkan CC dari bank lain.
– Limit CC bank lain akan mempengaruhi limit baru di bank tsb. Jadi misalnya kita pny 2 CC di bank A 5kg dan bank B 10kg, maka kemunginan di bank C yg baru kita apply akan mendapat minimal 10kg jg.
– Yang berpenghasilan 10kg kebawah, BI membatasi hny blh memiliki max 2 CC. Kalau mau ajuin lagi, yg limitnya paling kecil hapus dulu.
– Ada bank X pusat memblacklist bank cabang kota tertentu. Alasannya krn tdk coverage / karena di kota tsb terlalu banyak yg hutang tidak bayar. Biasanya BC* seperti ini. Maka kalau Anda punya rumah selain di kota tsb, pindahkan area surat menyuratnya.

FYI, ini pengalaman saya pribadi. 4 tahun lalu adalah pertama kali saya memiliki kartu kredit BC* dengan limit hanya 3kg lalu buka baru bank lain lagi, tutup lagi / request naik limit sehingga sekarangg sy punya:
BC* 165kg
Mand*** 70kg
BN* 89kg
BR* 50kg
CIM* Nia** 75kg
AN* 70kg
Stanch** 40kg
Total amunisi 559kg.
*banyak CC di foto, itu yg ditumpuk2 adalah CC lama.. kebanyakan sdh pada ditutup. Sekarang hanya kenangan saja 🙂

Untuk masalah iurang tahunan, beberapa bank dia nge sok strict ga bisa hapus / maksa untuk tukar point, Jangan Mau!
Maka solusinya telp call center:
1. Tanya apakah ada promo, misalnya belanja sekian dpt free / daftar autodebet.
2. Kalau cara no 1 tdk bs, maka ancam tutup kartu tersebut ke bagian penutupan kartu. Banyak bank yg wewenang penghapusan iuran tahunannya ada di bagian penutupan kartu. Kalau pemakaian kita bagus, biasanya dia akan kasih free dengan syarat tertentu. Tapi siap2 jg bener2 ditutup, selama ini sy tidak pernah bayar iuran tahuan sekali pun.

Oh ya, beberapa CC minimal level platinum bisa masuk executive lounge di bandara2 domestik secara gratis, priority pass, travel insurance, cicilan 0%, promo travel fair, milleage redemption, dll.. Pokoknya masih banyak segudang manfaat jika kita memiliki kartu kredit level platinum keatas..

So, akhir kata.. Saya yang masih umur 20an bisa dapat limit segini, teman-teman pun saya yakin bisa! Jadi tetap semangat, keep learning and sharing.

Bagi teman-teman yang mau issued tiket / hotel tapi ga pny kartu kredit atau limitnya ga cukup, dengan senang hati sy akan bantu (asal trf dulu ya hehe..) without any fee, alias GRATIS.. Bayarnya cukup pakai doa aja semoga pahala saya semakin banyak hehehe..

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/