Sama seperti saya, empat anak muda asal Johor Bahru yang duduk semeja dengan saya juga khusus datang dari jauh ke Pulau Penang demi mencicipi salah satu kekayaan kuliner yang berada di urutan 7 dari 50 makanan paling enak sedunia versi CNN Travel.

Jika di sini Soto hadir dalam beragam rupa, begitu pula dengan Laksa di Malaysia. Laksa dari setiap negara bagian punya ciri khas tersendiri. Dan Penang, bangga dengan Assam Laksa mereka.

Salah satu yang terbaik, tentu saja Assam Laksa Ayer Itam yang berada di Jalan Pasar, Ayer Itam – Penang. Naik saja bus Rapid Penang nomor 203 baik dari Pangkalan Weld maupun Komtar di George Town. Tarifnya RM 4.

Semangkuk Assam Laksa nan aromatik. Isinya berupa irisan mentimun, bawang merah, cabe merah, nanas, selada, daun kesum, tak ketinggalan bunga kecombrang. Bersamanya hadir pula ikan makarel yang dicacah halus serta mie sejenis udon, semua menyatu sempurna dalam balutan kuahnya yang asam, pedas dan segar.

Rasanya? Trust me. Tiket pesawat, booking hotel, menyeberang pulau hanya demi menikmati sajian seharga RM 5 saja? Is it worth it? 100%!! Membayangkannya saja sudah membuatku ingin segera terbang kembali ke Penang lagi. Oh and i will. What an institution!!

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/