Saya ingin menulis tentang perjalanan darat-laut (roadtrip) saya selama mengisi libur lebaran kemarin dari Makassar hingga Morotai menggunakan motor matik. Semoga bisa menambah info bagi yg ingin roadtrip sulawesi seperti saya. Karena panjangnya, jadi akan saya bagi beberapa bagian. Bagian pertama adalah rute Makassar – Sorowako.

Dari Makassar ke Pare-pare menempuh waktu 2,5 jam, jalan mulus dan lebar namun hati2 krn rata2 kendaraan mengebut disini. Di beberapa bagian masih ada perbaikan krn kerusakan. Tiba di Pare-pare jangan lewatkan ke patung B.J. Habibie bersama istrinya Ainun Habibie, dikarenakan Presiden ke-3 RI ini lahir disini. Loksasi di lapangan/alun2.

Dari Pare-pare ambil arah ke Sidrap, melewati Lapadde. Disini jalan mulai menyempit tapi masih mulus. Tiba di Sidrap jalanan menjadi jelek dan banyak lubangnya, hati2 kalau malam. Menuju Sorowako dari Sidrap bisa lewat Tana Toraja, jalannya mulus namun berliku karena daerah pegunungan, atau lewat kabupaten Wajo/Siwa jalannya lebih direct namun berlubang2. Saya pilih lewat Wajo krn lebih cepat.

Tiba di kabupaten Luwu jalan kembali mulus. Berturut2 akan melewati kota Palopo, Masamba, Malili. Dari Malili ke Sorowako sudah tidak jauh lagi, namun jalanannya agak curam karena berbukit2 dan masih banyak kerikilnya, banyak kendaraan tambang yg lewat sini. Jaga kecepatan.

Tiba di Sorowako obyek yg menarik ada banyak. Yang utama tentu pantai ide di danau Matano. Lalu ada danau Towuti. Udaranya sejuk, sangat nyaman sebagai tempat rekreasi. Kita juga bisa mengamati aktivitas pertambangan nikel dati PT. Vale dari jalan raya yg melintasi areal pengolahannya.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/