Haloooo fellow travellers,

Saya mau share pengalaman umroh backpacker saya bersama keluarga. Umroh ini kami lakukan tanpa travel agent dan tanpa rombongan travel group manapun. Kami hanya melakukan umroh ini berempat saja (saya, suami, anak dan ayah) dari awal sampai akhir. Kami berangkat 7 hari di akhir Ramadhan, hingga 9 hari setelah Ramadhan. Dari persiapan mencari-cari travel agent yang mau hanya melayani pengurusan visa, booking tiket pesawat, booking hotel, transportasi, juga cari informasi macam-macam kami lakukan sendiri. Banyak banget suka duka nya, tapi yang pasti seru banget dan jauh lebih murah.

Sebenarnya ini bukan backpacker sejati yang kesannya selalu jalan ngemper murah meriah. Umroh trip ini koper traveler, ke mana2 bawa koper dan saya masih memperhatikan kenyamanan untuk anak dan ayah saya.

Kami umroh 15 hari dengan rute Jeddah – Mekah – Madinah – Al Ula – Madain Saleh – Mekah – Jeddah. Selain beribadah umroh, tentunya ada selipan jalan-jalannya juga :D. Nanti saya tulis lagi tentang kota Al Ula dan Madain Saleh yang merupakan salah satu pusat peradaban tertua di dunia. Seru-seru menegangkan gitu lah karena Saudi Arabia tidak seperti di Eropa yang transportasi dan pelayanan publik sudah lebih rapi.

Untuk lanjutan tulisan ini bisa dibaca di https://plesirankeluarga.com/2017/07/26/2260-usd-umroh-backpacker-bintang-lima-15-hari-di-akhir-ramadhan-awal-syawal-part-2-the-end/ dan untuk persiapannya bisa dibaca di https://plesirankeluarga.com/2017/07/20/mengurus-visa-dan-persiapan-umroh-mandiri-tanpa-travel-agent-atau-travel-group/.

Ini menjadi salah satu pengalaman luar biasa di hidup saya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat yaa. Buat yang berniat umroh, semoga dilancarkan niatnya 🙂

#biumrohbackpacker #bisaudiarabia #biumroh

Saya lebih suka menyebutnya umroh mandiri. Tapi sengaja saya tulis di judul dengan kata ‘backpacker’. Kenyataannya, perjalanan kami bukanlah backpacker dalam arti kata sesungguhnya. Kel…

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/