Saya mau Share pengalaman kemaren selama tour KL-Iran-Turki 😁
5 – 14 November 2016

Saya berangkat via Surabaya pakai maskapai Air Asia satu pesawat penuh banget dengan orang-orang pekerja Indonesia yang bekerja di KL, selama 3 jam perjalanan menuju KL disana saya meeting point di Airport bersama sahabat2 saya. Setibanya di Airport saya menyempatkan keluar KL dan menginap 1 malam. Keesokan harinya kami bersiap menuju Iran via KL lama perjalanan 7 jam menggunakan Air asia gara2 tiket promo 1.389.969 PP akhirnya saya berangkat ke Iran namun hanya transit dan connecting flight lagi menuju Azerbaijan dan ke Turki.

Untuk mengurus VIsa Iran lebih mudah mengurus di Kedutaan Iran di Jakarta. Saya hanya membayar 20€ saja ke bank BRI dan asuransi yang mengcover Iran hanya ACA. Saya sedikit stress karena saya apply visa H-5 menjelang keberangkatan ke KL dikarenakan baru pulang dari Singapore. Ternyata H-2 visa saya sudah bisa diambil dan Tuhan itu baik saya dibantu banyak soal Visa Iran mulai apply sampai pengambilan 😁. VOA di Iran mahal sekali jadi saran saya ke embassy saja.

Setibanya di Iran sudah lengkap dengan kerudung, baju lengan panjang, celana panjang. Menuju Internasioal Transfer dimana lokasinya dekat dengan imigrasi dan pembuatan visa VOA. Jika kalian ingin melakukan VOA setibanya di Iran lumayan lama prosesnya dan menunggu itu membosankan bukan hehe…

Jika kalian sudah melakukan proses asuransi ACA dan Visa di Kedutaan di Jakarta maka bisa langsung keluar Imigrasi. Tetapi jika belum ada Visa hanya asuransi ACA saja tinggal bawa print bukti asuransi tunjukkan ke petugas VOA tidak ada masalah untuk itu.

Banyak yang saya baca dari beberapa blog bahwa di airport Iran butut tidak ada wifii sekarang saya kasih tau ya, Begitu tiba connect kan wifiinya, masuk di wifii gratisnya, nanti akan diminta nama sesuai passpord dan nomer passpord klik connect maka wifii siap menuju HP kalian ☺️ berlaku hanya 1 jam tapi bisa juga beberapa kali connect.

Orang-orang Iran hanya sedikit yang mengerti bahasa Inggris. Mata uang yang dipakai Toman dan Rial hanya berbeda 0 dibelakang. Iran merupakan negara indah yang patut dikunjungi dan aman bagi traveller. karena saya memasuki Iran setelah turki dan hanya memiliki waktu 1 hari di Iran maka yang bisa saya explore hanyalah Teheran. Untuk taksi di Iran banyak sekali scam oleh karena itu jika Tiba di Airport pesan taksi di dalam bandara jangan diluar. untuk kota-kotanya banyak taksi sharing harganya sekitar 5000 rial tergantung rute kita.

Airport transfer Iran kosong melompong seperti yang saya baca info di group BD ini saya cari petugasnya. Kemudian passpord, visa turki dan pesawat di bawa mereka dan di check-in kan sampai sana 22.40 pesawat saya 02.30 kebayang ga heticnya πŸ˜‚ kemudian lanjut ke Baku.

Di baku tidak terlalu lama kemudian saya melanjutkan ke Istanbul ataturk kota pertama yang saya datangi. Antri keluar imigrasinya luar biasa lama lebih baik jalan tanpa bagasi. Setelah keluar imigrasi saya pun mencari vodaphone untuk aktifkan internet saya lumayan 160TL harganya 8GB di airport dapet hadiah MP3 warna ungu setelah dibeli aktifkan 1 jam kemudian namun waktu itu saya 2 jam kemudian baru bisa digunakan. Karena saya tidak membawa TL maka saya tukar di airport ada commision fee lumayan juga πŸ˜… sisanya tukar di sultan ahmet. setelah itu membeli istanbul Kart 10 TL dan top up 10 TL.

Hari pertama saya menggunakan couchsurfing punya partner travel, kami di jemput di airport baik sih sebenernya tapi sayang hari 1 pun saya memutuskan untuk pergi sendiri berpisah ga partner2an (Something Wrong Happen) …

Saya di istanbul 2 hari 1 malam kemudian keesokan harinya saya memutuskan jalan sendiri tanpa partner kembali menyusuri sultan ahmet sambil mencari breakfast dan mengikuti tour bosphorus.. setelah itu malam harinya saya terbang ke Izmir melalui ataturk airport. Sempat lari2 karena terminal domestiknya jauh sekali hehe… #BDKL #BDIran #BDTurki

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/