Search engine untuk membuat itinerary
Setelah menentukan mau ke negara mana, tiba waktunya membuat itinerary untuk memudahkan kita mengatur waktu kunjungan yg terbatas. Banyak search engine yg bisa kita pakai untuk membantu kita membuat itinerary.

1. The power of mbaah google, kita mau tanya apa saja ke mbaah satu ini dia akan memberikan informasi yg cukup akurat. Membaca cerita2 perjalanan orang2 di blog sekalipun ada yg kurang update tapi mbah google ini sangat membantu. Asal tdk malas membaca saja. Gimana cara membuat visa dan syarat2nya saya cukup tanya mbaah google. Ini sdh terbukti waktu saya apply visa schengen di kedubes italy. Saya dapat semua informasinya dari mbah google. Kita juga bisa tanya mbah tentang berapa kota di satu negara yg bisa kita kunjungi, screenshot gambar petanya.
2. Trip advisor, applikasi ini sangat membantu kita memilih tempat wisata yg akan kita kunjungi, applikasi ini memberikan informasi cukup lengkap menurut saya untuk memberikan gambaran apakah tempat wisatanya menarik untuk dikunjungi atau tdk. Sesuaikan dgn selera trip anda.
3. Rome2rio, applikasi ini dipakai untuk membantu kita menentukan jarak antara tempat wisata yg satu dgn yg lain, berapa menit waktu yg kita perlukan dari satu tempat ke tempat lain.
4. Youtube, applikasi ini sangat membantu kita untuk mengetahui tempat wisata suatu negara, jenis makanan dll.
5. Agoda.com, booking.com, trivago, traveloka. Applikasi ini dipakai untuk mencari hotel yg sesuai dengan budget kantong kita. Kalau mau tahu hotel ini recommended atau nggak baca reviewnya orang2 yg sdh pernah tinggal disana, pilih hostel atau hotel yg ratenya 7.5 ke atas. Dijamin tdk kecewa, kecuali karena faktor X.
6. Website maskapai, traveloka, wego, expedia, skyscanner dan masih banyak lagi, applikasi ini dipakai untuk mencari tiket. kalau sdh menentukan tgl dan bulan untuk wisata, nah biasakan 3 bulan bahkan 6 bulan sebelumnya sdh sering check harga tiket lewat applikasi ini.

Banyak search engine yg bisa kita pakai untuk membantu perjalanan kita lebih baik. Sekalipun pada akhirnya kembali ke diri kita sendiri, mau pake nggak applikasi ini. Yg terakhir, biasakan mencoba. Apa yg direkomendasikan seseorang belum tentu cocok dgn apa yg kita mau, so cobalah. Memilih hostel atau hotel saya sistemnya “COBA” pertama yg saya lihat adalah review, lokasi dkt transportasi dan score hotel/hostel. Semoga info ini membantu.

#BIINFO
#BISEARCHENGINE
#BIITINERARY

Note: dibawah ini contoh peta negara kota mana aja yg saya akan kunjungi, dokumen untuk pembuatan visa schengen portugal, jadwal bus dari istanbul ke cappadokya. Sumber dari mbaah google.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/