Selama ini SR aja..ingin berbagi cerita, siapa tau bermanfaat karena blm banyak info tentang penerbangan dengan China Southern (CZ) ke New York ( jfk). Saya terbang CGK – JFK akhir juni pake CZ beli di traveloka. Disini tidak ada pilihan moslem meal. Saya sengaja ke kantor CZ di East building di mega kuningan utk pesan moslem meal sekaligus tanya2 hal lainnya. Untung saja sy datang langsung karena bbrapa hari sebelum berangkat mau konfirmasi tiket ke web cz susah banget. Telp ke Cust service 2 hari dijam kerja ga pernah diangkat, email pun ga dibalas.

Pada saat check in di CGK lancar ( dapat tiket jakarta – guangzhou dan guangzhou – new york jfk ), bagasi tiap orang dapat 2 koli @23 kg ( ketemu bagasi di jfk) dan kabin 7 kg. Sebelum take off pramugarinya menghampiri utk mengkonfirmasi jenis makanan selama penerbangan. Makanan dpt sekali. Transit di Guanzhou 4,5 jam. Sampe di guangzhou telat hampir sejam krn pesawat nunggu di runaway lama utk take off. Terbang ke guangzhou 5 jam. Begitu landing, turun ikuti jalan nanti sdh ada petugas yg mengarahkan kebagian mana utk lapor transfer. Sebutkan kita akan ke new york. Kemudian kita lapor ke transfer desk dan diarahkan jalan menuju ruang tunggu sesuai gate nya. Dari transfer desk ke ruang tunggu turun 2 lantai pakai eskalator. Diruang tunggu ada fasilitas charging station ( colokan 2 kaki. Selain itu ada dispenser air panas & dingin didekat kamar mandi. Jadi jangan lupa bawa botol kosong & pop mie ya 😊. Ada sih tersedia gelas kertas tapi ukuran kecil sekali teguk.

Tiba waktunya berangkat ke NY.. penumpang naik bis menuju pesawat. Penerbangan ke NY 16 jam. Makanan dapat 2 kali dan sandwich sekitar 2 jam sebelum landing. Pramugarinya ramah & sabar. Jangan lupa bawa pulpen utk isi form declare sesaat seblm landing. Form declare cukup diisi satu saja jika rombongan. Berhubung bawa makanan dalam bagasi ( rendang, empal suwir dll) dan makanannya buatan sendiri bukan buatan industri yg pake kemasan maka di form saya centang dibagian food.

Landing di jfk sekitar jam 23.30. Setelah keluar pesawat, penumpang menuju imigrasi dan disesuaikan barisannya menurut jenis visa. Sebelum sampe dipetugas imigrasi, setiap penumpang diharuskan cek di mesin Automated Passport Control. Ada pilihan bahasa tapi bahasa indonesia blm ada. Disini passport harus discan, cap 4 jari ( kecuali jempol) kanan kiri dan foto. Dilayar ada tombol utk foto. Kalau sudah selesai semua, keluar receipt. Jika dalam rombongan, leadernya yg duluan cek APC ini krn akan ada pertanyaan ‘ apakah ada anggota keluarga yg lain?’. Receipt ini ada tanda X atau O. Entah apa maksudnya. Receipt sy bertanda X dan anak sy bertanda O. Dalam hal ini saya sdh pernah berkunjung ke US 2 tahun lalu dan anak sy belum pernah. Setelah dapat receipt, antri dipetugas imigrasi. Jika dipanggil petugas imigrasi, sekalian sama anak, ga usah satu2. Disini serahkan paspor, form declare & receipt.

Proses pemeriksaan paspor selesai, baru berjalan beberapa langkah petugas menyuruh kami masuk ruang khusus. Mulai deg2an. Diruangan ini saya ditanya barang bawaan. Ditanya apa bawa daging? Iya benar. Petugas perempuan bilang ga ada masalah dengan administrasi cuma tentang bawaan saja. Kemudian dia menelpon petugas dari CZ untuk datang. Tak lama petugas Cz datang dan diminta menyiapkan koper2 bagasi saya untuk ditaruh di bagian xray. Kemudian dia keluar ( sy tetap didlm ruangam). Lama juga sy nunggu. Ya pasti lama karena kan nunggu bagasi keluar dan ngecek tiap koper berdasarkan tag yg saya kasih πŸ˜€.
Kemudian telp masuk mengabarkan kalo koper bagasi sdh siap dibagian xray. Saya keluar ruangan didampingi petugas menuju xray. Dibagian xray masih ditanya2. Ada yg lain? No fruits? No vegetables? No rice? Nooo.
Saya disuruh buka koper dan diminta keluarkan makanan.. dan dibuanglah makanan berikut wadahnya ( seperti lock &lock). Tapi petugasnya baik kok. Saat saya nutup koper, dia menyerahkan wadah kosong sambil bilang apa saya masih perlu wadahnyanya? Tentu wadahnya saya ambil lagi 😊. Akhirnya keluar deeh..
Positifnya saya ga perlu repot cari koper bagasi 😍

Sementara sekian dulu ya info tentang CZ dan JFK. Moga bermanfaat.

#bichinasouthern
#bijfk

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/