Mau berbagi pengalaman mengurus visa Jepang di lokasi baru JVAC (Japan Visa Application Center) di Lotte Shopping Avenue. Kamis minggu lalu saya masuk ke webnya VFS untuk pengurusan visa Jepang http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/index.html untuk membuat appointment. Kalau lihat dari hari yang tersedia sih nggak ada yang penuh, semua hari masih ada slot. Tapi daripada nanti pas datang ramai, akhirnya saya memutuskan untuk bikin appointment hari Jumat jam 10.30 (jam buka VFS 09.00-17.00) mengingat rumah saya lumayan jauh dari sana. Nanti kita dapat e-mail dengan lampiran jadwal appointment yang musti dibawa pas datang.
Besoknya ternyata saya sudah sampai di sana jam 10 pas, tapi pas menyerahkan berkas untuk diperiksa di lapis pertama, petugasnya lihat kalau saya sudah bikin appointment jadi saya disuruh tunggu dulu karena kita baru boleh masuk paling cepat 15 menit sebelum jam appointment. Untung dekat situ ada bbrp kursi jadi bisa menunggu dengan santai. Setelah itu, saya balik ke VFS dan oleh petugas langsung dipersilakan masuk (melewati gerbang metal detector seperti di kedubes Jepang dulu) dan diberi nomor antrian. Di dalam ruangannya luaaaaaas, kursinya banyaaak, ada meja untuk menulis juga sangat memadai jumlahnya, plus loket yang berderet.
Untuk loket penerimaan ada 24 buah (terbagi antara agent dan personal) plus 5 loket pembayaran. Itu semua berada di satu ruangan. Pas saya masuk, semua loket full, tapi bangku waiting roomnya sepiiii. Yang menunggu paling banter 5 orang.
Setelah dipanggil dan diperiksa berkas2nya, aplikasi saya dimasukkan ke map khusus lalu dipersilahkan menunggu untuk dipanggil lagi di loket kasir. FYI, pembayaran aplikasi visa sekarang full di muka (155.000 + 370.000 = 525.000). Saya kaget karena terbiasa bayar belakangan ketika mengajukan aplikasi visa di Kedubes Jepang. Waktu itu saya hanya menyiapkan dana untuk membayar jasa VFS. Sebetulnya bisa pakai kartu debit/kredit, hanya saja kena charge 3%. Karena nggak rela, saya minta izin ambil uang dulu ke ATM dan dibolehkan. Kasirnya bilang nanti setelah masuk lagi saya disuruh langsung ke loket itu, nggak usah nunggu.
Begitu selesai pembayaran, saya mendapat struk panjang rangkap 2 yang harus dibawa pada saat pengambilan paspor. Kasirnya bilang kita bisa cek di web VFS mengenai status aplikasi kita. Trus dikasih tanda kode yang perlu kita masukkan di struk itu. Rabu malam saya cek, keterangannya paspor sudah bisa diambil di JVAC office, jadilah hari ini saya langsung cuss ke sana. Pengambilan hanya jam 10.00-15.00 (tidak ada kompromi kata petugasnya). Begitu sampai, saya hanya perlu menunggu 1 orang dan langsung terima paspor dengan visa yang sudah tertempel di dalam ๐Ÿ˜.
Sempet merhatiin deretan paspor di belakang petugas pengambilan, ternyata yang apply visa barengan sama saya ada 300an orang ๐Ÿ˜ฎ. Jadi berasa beruntung banget bikin appointment waktu itu, nggak perlu nunggu lama. Oh iya, untuk yang mau naik kendaraan umum, bisa naik Trans Jakarta lho. Rute saya dari Blok M naik TJ jurusan Manggarai, turun di halte DepKes, ganti feeder TJ arah Karet dan turun persis di depan Lotte Shopping Avenue.

#BIInfo #BIVisa

Selamat datang di situs Pusat Aplikasi Visa Jepang yang dirancang oleh VFS Global.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/