Selamat malam πŸ™‚
Mau sharing pengalaman sewaktu ke Jepang minggu lalu nih.

Bagi teman-teman yang gak beli JR-Pass, tapi ingin merasakan naik Shinkansen, bisa coba rute Osaka->Kyoto atau sebaliknya.

Saya mencoba rute Osaka ke Kyoto dengan harga sbb:
1. Shinimamiya -> Osaka -> Shin-Osaka -> Kyoto = 920 Yen
2. Unreserved seat = 860 Yen
Total yang dikeluarkan = 920 + 860 = 1780 Yen

Dengan harga segitu, saya bisa merasakan naik Shinkansen selama 15 menit dari Osaka ke Kyoto (sekalian foto-foto di depan Shinkansen) :p

Kenapa kok unreserved seat?
Karena ini pilihan paling murah. Tiap jenis Shinkansen menyiapkan beberapa gerbong khusus untuk unreserved seat, jadi siapa cepat dia yang dapat tempat duduk. Kalau gak dapat, ya berdiri deh. (apes-apesnya cuman 15 menit lah ya).
Jangan sampai salah gerbong, nanti pasti disuruh pindah gerbong. 15 menit bisa-bisa habis cuman buat jalan ke gerbong yang seharusnya.

Bagaimana cara pembeliannya?
Jadi begitu tiba di Sta Shin-Osaka:
1. Ikuti saja tanda yang mengarahkan kamu ke jalur Shinkansen.
Sebelum masuk, di sebelah kiri nanti akan ada Customer Service dan mesin tiket shinkansen.
2. Beli tiket di CS/mesin tiket
Awalnya sok-sokan mau coba beli lewat mesinnya, entah karena dikejar waktu mau ke Kyoto, jadi gak menemukan menu englishnya. haha. Gak usah khawatir, CS-nya kooperatif kok. Saya sih pake bahasa inggris (gabisa bahasa Jepang :p) dan bilang pesan tiket shinkansen UNRESERVED SEAT ke Kyoto. Nanti CS-nya bakal minta tiket perjalananmu sebelumnya (atau Pasmo/Icoca/Suica) lalu nanti kamu dapat 2 tiket. Tiket pertama adalah perjalananmu dari stasiun sebelumnya ke Shin-Osaka dan tiket kedua adalah perjalananmu dari Osaka ke Kyoto. Dua-duanya kamu butuhkan untuk masuk ke area Shinkansen.
3. Tiket ini gak ada batasan waktunya dan jenis Shinkansennya.
Saya sampai mastiin ulang ke CS-nya bahwa saya bisa naik ke Shinkansen kapanpun di hari yang sama. Alhamdulillah gak perlu buru-buru.
4. Jenis kereta dan gerbong untuk unreserved seat:
Nozomi : gerbong 1-3
Hikari : gerbong 1-5
Kodama : gerbong 1-7

Pengalaman saya kemarin, saya berangkat dari Shin-Osaka sekitar jam 9 pagi di hari Selasa, naik yang Nozomi di gerbong 1. Sepi dan dapat tempat duduk (foto juga tentunya). Untuk tahu jadwal Shinkansen ke Kyoto, saya pakai GoogleMap.

Oh iya. Mau menambahkan sedikit, bahwa di Jepang saya lebih suka pakai GoogleMap daripada Hyperdia. Dengan GoogleMap, kalau saya pake mampir dulu ke toilet atau toko, saya tinggal refresh aja di pilihan rute transportasinya, dan langsung keluar pilihan jenis kereta, jalur, dengan waktu terdekatnya. Tiap orang pasti punya pilihan yang beda, ketika di Jepang nanti akan menemukan kok jodoh aplikasi yang tepat. *ceileh jodoh

Mungkin ada teman-teman yang punya saran dan pengalaman lain, bisa langsung menambahkan di komentar. ^^

Sekian informasi dari saya, semoga membantu. Kalau ada waktu luang, pasti akan sharing2 lagi. πŸ™‚
#BIJepang #BIJapan

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/