Selamat malam sahabat bi.

Sedikit pendidikan utk yg mau liburan ke jepang. Apabila makan di tempat yg umum spt mcd, mos burger, yoshinoya, matsuya, dkk. Kalian harus melakukan ini ketika makan, karena ini merupakan etika makan di restoran konvensional. Dgn melakukan ini kalian akan lebih tertib, bersih dan yg pasti gk malu2in org indonesia di mata dunia spt perbincangan di media waktu lalu. Hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Makan sampai habis dan tak bersisa 1 butir nasipun. Karena orang jepang suka dengan orang yang tidak menyisakan makanan. Dan sebagai tanda rasa syukur atas makanan yang telah dibuat, dan menghargai yang merawat padi sampai jadi beras dan tukang masak.
2. Pastikan peralatan makan berada di atas nampan kecil yang sudah disediakan karena akan memudahkan pekerja utk membersihkannya.
3. Sampah seperti tisu atau kertas pesanan pastikan diletakan di atas namban bersama peralatan makan yang telah digunakan.
4. Setelah selesai makan kalian harus berkata “gochisousamadesu”, yang artinya terima kasih atas hidangannya (kurang lebih), karena apabila kalian mengatakan kata2 tsb maka seluruh pekerja restorannya merasa bersyukur karena masakan tsb enak.

Dgn melakukan hal spt ini setiap ke restoran, saya jadi mengerti bahwa dari kita masuk ke restoran sampai perut kita kenyang dan gembira maka, sebagai pekerja restoran merasa sukses melayani dan menghidangkan makanam yang lezat.

Dimana kita saling menghargai satu sama lain, akan ada selalu timbal balik yang setimpal dan baik di kemudian hari.

Terima kasih.

Mari belajar dari hal terkecil utk ketertiban. Hehehehe

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/