Selamat pagi kawan2.. semoga kalian sehat selalu dimanapun kalian berada,

nah kali ini admin pengen share salah satu destinasi yang mungkin asing di di telinga kalian…

namanya Pulau Tabui.

ada yang tau pulau tabui?
ya kemungkinan 90% dari kalian tidak mengetahuinya, bahkan di mesin pencarian google tidak ada yang membahas pulau yang satu ini..

saya jelasin lengkap dah jika kalian pengen kesini.. dijamin kalian bakalan baper dengan kondisi alam dan juga kebudayaan serta kearifan lokal daerah yang belum terexpose sama sekali ini..

pulau tabui ini terletak di pulau Semau.. pulau semau sendiri terletak di kabubaten Kupang, Nusa tenggara timur. Luas dari pulau tabui ini hanya sekitaran 13 Hektar saja yang seluruh nya full di kelilingi oleh pantai. di tengah2 pulau tersebut tersimpan hutan cantigi, dan juga semua kekayaan alam yang menurut saya masih sangat alami.

Awal nya , ini merupakan sepenggal cerita perjalanan panjang saya berkeliling ria di seputaran indonesia, singkatnya, 3 bulan saya singgah di Kupang, ada salah satu pulau yang seakan menarik saya untuk mengunjungi nya, namun setelah bertanya ke orang2 tentang pulau itu, tanggapan mereka kebanyakan negatif, bukan karena banyak kejahatan disana tapi melainkan cerita2 horor mistik yang hanya bisa di cerna oleh mereka yang percaya takhayul.

setelah meyakinkan hati, akhir nya saya bersama salah satu teman pergi berangkat kesana dengan menggunakan motor, kami menyebrang kepulau itu dengan cara naek kapal kayu, yap motor nya dinaekin kapal kayu yang berkapasitas 15 orang saja,, dan digotong. hahah kebayang kan gimana berat nya,, dan perjalananpun memakan waktu lebih kurang 30 menit dengan biaya 50 ribu permotor tidak dihitung penumpang yah..

Kemudian kami hanya tau informasi kalau ada pantai keren bernama Pantai Liman. Nah kalau pantai liman sudah ada informasi nya di mbah google, detail nya silahkan di searc sendiri yah. pantai yang terletak di sisi timur pulau semau ini ternyata menyajikan keindahan yang benar2 belum pernah saya lihat selama perjalanan saya. jarak nya sekitar 1,5 jam perjalanan. Nah dari pantai liman saja indah nya sudah memanjakan mata, tapi bukan ini tujuan kami, tujuan sebenar nya ada pada pulau di seberang pantai liman yang kelihatan tak jauh dari bibir pantai.

akses menuju pulau ini hanya bisa di kunjungi lewat laut dengan cara menyewa kapal milik nelayan setempat. yap, tidak ada cara lain.

Apa yang ada di Pulau ini?

Yang pertama Jelas pantai-pantai exotis yang bener-bener tak berpenghuni, yang menurut saya adalah salah satu pantai terindah yang pernah saya temui selama perjalanan

kemudian, apa yang kita mau tersedia disana hehehe (ini peribahasa aja yah..) Kepiting, Kima (kerang besar), Ikan , Kerang, dan semua hasil laut disini melimpah, kita hanya butuh sedikit tenaga untuk bisa mendapatkan itu semua..

yang jelas, pasti baper lah jika kalian berada disana bagi yang punya jiwa petualang, insting kalian pasti bakalan berjalan dan kayak nya betah deh disana walau tak ada sinyal komunikasi, air tawar dan segala sesuatu yang modern (hahah namanya aja pulau kosong di tengah laut)

yah secara jamblang nya saya kita hanya butuh beras dan peralatan masak untuk bertahan hidup disana berapa lama yang kita mau hehehe..

Kesini Mahal?

iya tiket ke kupang nya lumayan mahal.. cara mensiasati nya sih tunggu low sesion atau hunting2 tiket murah gitu lah, biasa nya sih yang murah dari surabaya..

akomodasi disana mahal?

MURAH, kita tinggal sewa motor saja di kupang, lalu isi bensing full, kalau bisa bawa cadangan bahan bakar dalam botol (karena di pulau semau tidak ada pombensin, hanya penjual eceran yang jumlah nyapun tak banyak serta harga nya lumayan mahal perliter nya)

Makan, Minum, tempat tidur?? Gratisssssssss

mau beli ikan kerapuh 3Kg kayak di foto kalian tau harga nya berapa? yap cukup dengan 5 ribu saja kita bisa mendapatkan ikan itu.. atau dengan 15 ribu kita dapet ikan yang bisa dimakan 10-15 orang.. murah bukan?? atau kalian mau yang lebih extreme lagi?yah kita bisa membeli kambing ke masyarakat sekitar dengan harga 250-300 per ekor, kita bisa meninkati nya seharian di pulau itu, di panggang, disoto, di gulai terserahhh…

apalagi yah, oh iya yang paling membuat saya beruntung kesana adalah saya diangkat jadi anak angkat oleh orang yang punya Pulau ini.. Nama nya pak tinus, dan Jika kalian ingin mengunjungi pulau ini dengan sangat senang saya akan pertemukan kalian dengan bapak angkat saya ini, heheh yah gak Miranti Noya Pirsa yang ampe nangis2 gak mau pulang setelah get lost disini selama 2 hari..

mbak miranti juga udah diangkat anak loh sama pak tinus, dan rencana nya dia mau balik lagi kesana bulan agustus, (rencana sih bener gak noy?) atau ada dari kalian yang berminat kesana?

Oh iya jangan takut dah kalian datang kesini, dijamin masyarakat nya sangat amat ramah dan bersahabat, selama kami liburan disini, kami ditemani dan di jaga oleh keluarga baru kami ini.. pokok nya PULAU INI adalah salah satu perjalanan yang sangat berkesan bagi perjalanan saya.

Salam explore yah kawan2.. maaf foto nya gak banyak hanya beberapa aja yang ada di memory hp, mau buka folder laptop takut nya baper pengen kesana lagi ehehe

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/