Selamat pagi seluruh member Backpacker International. Dengan segala kerendahan hati izinkan saya untuk sharing trip 1 country 3 territories ke Hong Kong, Macau, Shenzhen sekitar seminggu yg lalu. Barangkali ada yg akan trip dgn tujuan yg sama dlm waktu dekat, InshaAllah tulisan saya bisa sdkt bnyk membantu.

Kami bersepuluh. Sahabat semasa kuliah saya Aan Zhi-one, Alby. Rekan satu company Okan Octa Nugroho, Simon, dan Bima. Serta tentunya bbrp member BI yg sudah akrab dan akhirnya berkesempatan untuk trip bareng Chrisman Idris, Febry Arthos Nasrun, Dedi Yopi Siahaan, Aryo Hamid.

Day 1, 11 Feb 2017:
– Berangkat dr terminal 2E bandara Soekarno-Hatta dgn AirAsia pukul 10.10 dan sampai Hong Kong International Airport (HKIA) terminal 2 pukul 20.15 dengan tentunya transit di Kuala Lumpur International Airport terminal 2 (KLIA2) kurang lebih 3 jam. Tiket pesawat AirAsia yg sudah saya beli sekitar bulan Juni 2016 adalah 2.065.000 return. Meeting point kami di HKIA karena flight kami berbeda-beda namun dgn interval waktu arrival kami yg tdk trlalu lama, kira2 hanya selisih 1 sampe 2 jam. Setelah sampai, yg pertama kita buru adalah octopus card. Setelah pesawat landing di HKIA terminal 2, kita masih harus naik semacam kereta yg akan membawa kita ke bagian imigrasi, nah counter penjualan octopus card ini ada setelah kita melewati proses imigrasi. Waktu itu saya lsg beli dengan saldo 250 HKD. Kemudian saya mengikuti papan petunjuk ke arah tempat pemberhentian bus yg akan membawa saya dan teman2 ke arah Tsim Sha Tsui tempat kami menginap. Dgn menggunakan bus A21 harganya hanya 33 HKD dan bisa lsg tap octopus card (dibandingkan dgn memakai MTR yg harganya sekitar 60 an HKD).
– Sampai di halte Tsim Sha Tsui kami turun dan berjalan kaki ke Chungking Mansion, tepatnya kami menginap di Days Hotel (jika dr airport itu pemberhentian ke 14 kalau saya tidak salah, nama tiap2 halte nya tertera di platform di dalam bus).

Day 2, 12 Feb 1017:
– Jalan ke Garden of Stars dmn terdapat patung Bruce Lee dan jejak telapak tangan aktor dan aktris ternama disana
– Dari Garden of Stars turun ke Avenue of Stars.
– Sekitar jam 15.00 kami menuju Victoria Park dgn menggunakan MTR dr Tsim Sha Tsui (TST) station ke Admiralty Station lalu pindah ke jalur (line warna biru tua) menuju Tin Hau Station. Untuk pintu exitnya saya lupa. Intinya jgn malas membaca papan petunjuk yaa, krn setiap pintu exit selalu terpampang nyata akses2 menuju ke suatu tempat 😜. Bnyk TKW dr Indonesia berkumpul disini. Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah yg paling dominan disitu dgn logat bahasa Jawa mereka yg medok.
– Dr Victoria Park, destinasi selanjutnya adalah Victoria Peak/The Peak. Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 17.00. Dr Tin Hau Station menuju Central Station. Jalanan cukup menanjak setelah exit dari stasiun MTR menuju pintu masuk The Peak. Meskipun antrian sangat panjang namun lancar dan terkesan cepat. Untuk naik tram menuju ke atas bisa tap dgn octopus card dgn harga 47 HKD (return/PP) dimana harga untuk turunnya jauh lebih murah (15 HKD) drpd naik ke atas (32 HKD). Dan ketika sdh sampai di atas untuk dpt masuk ke sky terrace nya msh harus byr lg sekitat 42 HKD. Namun saat itu dgn berbagai pertimbangan ala2 backpacker, kami mengurungkan niat masuk ke sky terrace nya, karena cukup bnyk spot2 yg bagus untuk mengambil bbrp foto tanpa harus masuk ke sky terrace.
– Sekitar pukul 21.00 kami melanjutkan trip ke causeway bay, dari Central Station ke Causeway Bay Station. Hanya sekedar melihat2, foto, dan menghabiskan malam disini karena bbrp pertokoan jg sdh tutup. Mnurut saya Causeway Bay ini seperti Orchard Road di Singapore.

Day 3, 13 Feb 2017:
– One day trip ke Macau. Ohyaa, di malam pertama kami menginap kami bertemu Mr. Jhony (orang keturunan India yg menjadi semacam room boy di Days Hotel tempat kami menginap). Beliau sangat ramah dan menawarkan bbrp tiket. Kami menanyakan tiket ferry menuju Macau, dan beliau menawarkan tiket cotai water jet PP 320 HKD. Tanpa pikir panjang kami lsg ambil, karena ketika saya cek di official website cotai water jet untuk pergi pagi dr Hong Kong dan pulang malam dr Macau total 355 HKD. Dan benar saja ketika kami hendak pulang dr Macau dan kami tukarkan di counter tiket harganya jika ditotal memang 355 HKD, itu artinya kami hemat 35 HKD.
– Kami berangkat dr HK-Macau Ferry Terminal jam 10.00 (exit di Sheung Wan Station) ikuti petunjuk arah. Antara stasiun MTR dan pelabuhan dihubungkan oleh semacam mall yg bernama Shun Tak Centre.
– Sampai Macau jam 11.00, urus imigrasi. Sampai depan pintu exit pelabuhan, kami lsg naik free shuttle bus warna biru tua dengan tulisan Venetian Hotel di badan bus nya. Turun di Venetian Hotel kami naik ke atas (lantai 3) untuk melihat kanal2 buatan yg mirip dengan di Venice lengkap dgn gondola dan para penyanyinya yg bersuara merdu.
– Dari Venetian Hotel, menyeberang menuju Parisian Macau Hotel untuk foto sebentar di eiffel. Dari situ lalu jalan dan menyeberang ke City of Dreams Mall yg kemudian turun ke basement untuk naik free shuttle bus warna ungu ke Sintra Hotel. Setelah turun bus tinggal berjalan kaki menuju Senado Square, Ruins of St. Paul’s Church, dan Grand Lisboa.
– Dengan menggunakan free shuttle bus yg sama kami kembali ke City of Dreams Mall dan kembali lg menuju Parisian Macau, spending time sblm balik ke HK.

Day 4, 14 Feb 2017:
– Menuju Ocean Park. Tiket masuk Ocean Park sudah kami beli online di klook dgn harga 575.000 IDR. Dan perlu diketahui bahwa di awal tahun 2017 sudah resmi beroperasi line/jalur MTR baru (South Island Line) dengan warna line hijau muda. Dengan interchange di Admiralty Station lalu berpindah ke line hijau muda, sampailah di Ocean Park Station, jd tidak perlu naik bus lagi dr Admiralty Station.
– Pulang dr Ocean Park sekitar jam 19.00, lalu belanja oleh2 di Temple Street dgn menggunakan MTR turun di Jordan Station.

Day 5, 15 Feb 2017:
– Menuju Disneyland, interchange di Sunny Bay Station, lalu pindah ke line khusus menuju Disneyland.
– Menuju Ngong Ping (Tian Tan Big Buddha dan Po Lin Monastery), dr Sunny Bay Station mentok sampai stasiun akhir (Tung Chung). Jalan melewati Citygate Mall. Terminal bus menuju Ngong Ping ada di sebelah stasiun cable car persis yg mana cable car nya sedang dlm masa maintenance hingga bbrp bulan mendatang. Bus yg kami naiki adalah bus no. 23 dan bisa tap memakai octopus card.
– Spending last night in Hong Kong dgn jalan2 sekitar hotel sampai menuju Victoria Harbour.

Day 6, 16 Feb 2017:
– Menuju Shenzhen, dr East Tsim Sha Tsui Station lalu interchange di Hung Hom Station. Dr Hung Hom (line warna biru muda mentok hingga Lo Wu Station). Sebelum masuk ke imigrasi Cina, naik ke atas dahulu untuk membuat Visa on Arrival (VOA) seharga 168 CNY. Sedikit catatan jika anda dlm group trip, sebaiknya jgn terlihat seperti dlm sebuah rombongan, ada baiknya pura2 tidak saling kenal, agar ketika membayar VOA dlm nominal besar (misal: bayar dengan nominal 200 CNY) lsg diberi kembaliannya, pengalaman kemarin rekan2 saya sambil menunggu antrian visa, mereka ngobrol dan ketawa-ketiwi sehingga ketika akan membayar dengan nominal besar, petugasnya geleng2 kepala dan menyuruh teman saya untuk menukar uangnya dengan rekan saya yg lain agar uang yg diberikan kpd petugasnya adlh uang pas.
– Imigrasi di Cina menurut saya agak terlalu ribet. Cek barang bawaan saja sampai 2x. Dan ketika mau naik metro subway pun jg cek barang bawaan layaknya di bandara. Apalagi saat itu kita bawa koper, ransel, oleh2 dr Hong Kong πŸ˜‚
– Keluar imigrasi lsg turun menuju metro subway/Luohu Station (MTR nya Shenzhen). Bayar hanya 2 CNY menuju Laojie Station dmn Fuyide Hotel tempat kmi menginap berada.
– Dongmen Street ada di seberang hotel kami persis. Menghabiskan sore hingga malam disitu (sedikit penyesalan krn kami trlalu lama di Hong Kong dan sdh belanja bnyk disana. Pdhl di Shenzhen mnurut kami surganya barang2 murah).

Day 7, 17 Feb 2017:
– Menuju Window of the World. Dr Laojie Station lsg menuju Window of the World Station.
– Jam 19.00 kluar dr Window of the World menuju Laojie Station. Lalu kembali jalan2 malam di daerah Dongmen, cari makan dan beli oleh2.

Day 8, 18 Feb 2017:
– Packing dan persiapan kembali ke Hong Kong untuk selanjutnya lsg menuju airport. Jam 12.00 check-out. Dan jam 13.00 sudah di perbatasan Cina-Hong Kong. Ketika transit di Hung Hom Station bbrp dr kami sempat top up octopus card kami karena rencana ingin lsg ke airport menggunakan MTR mengingat bnyknya barang bawaan.
– Sampai di airport dan check-in di counter AirAsia, kami menuju counter pengembalian octopus card, dan sisa saldo dpt dikembalikan seluruhnya.
– Menunggu take off jam 20.50. Dan transit di KLIA2 selama 6 jam. Tiba di Jakarta pukul 08.00 keesokan harinya.

Notes:
– Budget yg saya persiapkan untuk trip ini exclude tiket pesawat adalah 6.000.000 IDR. Yg 575.000 untuk Ocean Park’s ticket. 4.000.000 ditukar Hong Kong Dollar. Sisanya 1.400.000 ditukar Chinese Yuan/Renminbi.

Demikian sharing trip dr saya. Bbrp detailnya saya agak lupa, jd mungkin akan lbh bijak jika saya memakai kata kurang lebih/kira2. Dan jika ada kesalahan mohon koreksinya. Semoga bermanfaat bagi yg akan trip kesana jg dlm waktu dekat ini. Aamiin..

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih yg sebesar2nya kpd suhu2: Lintang Herlambang, Meifida Ilyas , Komang Ricky Chandra yg sedikit bnyk sdh membantu saya dan memberi advice untuk trip kesana 😝

#BIhongkong #BImacau #BIshenzhen

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/